Kebiasaan Buruk yang Menyebabkan Anda Sakit Gigi | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Kebiasaan Buruk yang Menyebabkan Anda Sakit Gigi
Gading Perkasa | Sex & Health

Sakit gigi biasanya muncul ketika Anda mengonsumsi permen, minuman dingin, atau minuman panas. Seluruh penyebab ini menjadi salah satu tanda adanya gigi sensitif.

sakit gigi - male IndonesiaPhoto by Yingpis Kalayom on Unsplash

Dilansir dari The Health Site, gigi sensitif merupakan kondisi yang disebabkan oleh iritasi saraf di gigi. Gejala yang dikenal sebagai hipersensitif dental itu dapat menyebabkan sakit gigi saat mengonsumsi minuman dingin atau panas, makanan dan minuman manis, serta makanan dan minuman asam.

Rasa sakit yang muncul pada gigi hanya terjadi secara seketika dan cepat hilang. Gejala ini dapat terjadi di lebih dari satu gigi. Selain itu, apa yang bikin gigi sensitif?

Masalah Gigi
“Konsumsi soda, buah-buahan, kue, es krim, atau permen dapat berakibat kerusakan gigi karena partikel dari makanan itu tertinggal di mulut dan menghancurkan lapisan email gigi. Ini bisa menyebabkan sakit gigi serta meningkatnya sensitivitas,” kata Jyoti Deshpande, orthodontist Dent-O-Pearrl clinic, Mumbai.

Menyikat terlalu keras
Kebiasaan menyikat gigi atau menggunakan sikat gigi yang keras dapat menjadi buruk dan memunculkan sensitivitas pada gigi.

“Ketika Anda menggosok gigi terlalu kuat, email dapat rontok. Selain itu, menggosok gigi secara salah berulang kali bisa menimbulkan masalah gigi sensitif,” ucapnya.

Makanan Mengandung Sitrus
Email pada gigi dapat memudar jika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung sitrus. Buah seperti jeruk dan lemon mengandung sitrus dan memiliki rasa asam.

Jika Anda merasa gigi sensitif, coba ingat lagi apa yang Anda lakukan pada gigi untuk mengetahui penyebabnya. Lebih pastinya, periksakan kondisi gigi Anda ke dokter.

Gusi Turun
Hal ini menyebabkan turun atau renggangnya gusi yang mengelilingi gigi, sehingga akar gigi sendiri mulai terpapar. Gigi sensitif merupakan salah satu pertanda gusi turun. Jika tak cepat diatasi, maka dapat berakibat fatal bagi gigi.

Mengikir Gigi
Ketika Anda mengikir gigi, lapisan luar email mulai memudar, sehingga gigi mengalami paparan secara langsung. Hal ini dapat menyebabkan gigi menjadi sensitif.

Tulang Retak
Masalah retak tulang, terutama di bagian dekat mulut juga dapat menjadi penyebab gigi sensitif.

“Hasilnya, gigi sensitif karena email gigi kemungkinan rontok akibat lapisan bawah dentin terpapar,” jawab Deshpande. [GP]

SHARE