Film Escape Room, Teka-teki Mengancam Nyawa | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Film Escape Room, Teka-teki Mengancam Nyawa
Sopan Sopian | Review

Film Escape Room (2019) menjadi film bergenre horor-thriller yang mengawali tahun 2019. Film ini menjadi debut terbaru Adam Robitel sejak prekuel Insidious: The Last Key tahun 2018.

Film Escape Room sendiri terinspirasi dari permainan yang berasal dari Jepang, permainan teka-teki yang harus dimainkan secara berkelompok di sebuah ruangan yang terkunci. Tujuannya untuk melatih kerja sama tim. Tapi dalam film ini berbeda, para pemain tidak saling mengenal, menakutkan, dan menegangkan.

Film yang awalnya berjudul The Maze ini dibintangi oleh Deborah Ann Woll, Taylor Russell, Tyler Labine, Logan Miller, Adam Robitel, Nik Dodani, dan Jay Ellis.

Ringkasan
Enam orang dari latar belakang berbeda dan tak saling kenal, dipertemukan pada sebuah ruangan untuk mengikuti sebuah permaianan melalui surat dari sebuah kotak misterius. 

Keenam orang ini adalah Amanda (Deborah Ann Woll), Zoey (Taylor Russel), Mike (Tyler Labine), Ben (Logan Miller), Danny (Nick Dodani) dan Jason (Jay Ellis). Mereka tertarik mengikuti undangan tersebut, selain mersa diundang orang terdekat, juga pemenangnya diiming-imingi hadiah besar.

Awalnya tampak sederhana, namun dengan cepat menjadi jelas bahwa permaianan itu bukan permainan yang hanya sekadar bisa melarikan diri dari ruangan biasa. Justru keenam orang ini dibahwa ke dalam ruang demi ruang untuk bermain tekaki bagaimana mereka meloloskan diri dengan sebuah peunjuk. Apabila mereka gagal menemukan petunjuk untuk mengatasi teka-teki dari setiap ruangan, akan terbunuh seketika.

Merasa sadar hal tersebut, tak punya pilihan lain, keenam orang yang tak saling mengenal itu harus bersatu, menyelesaikan setiap teka-teki yang harus dilewati untuk bisa tetap hidup. Selain memiliki waktu yang ditentukan, ternyata setiap ruangan yang menyembunyikan petunjuk pun memiliki ranjau, Danny (Nick Dodani) menjadi orang pertama yang kena ranjau dan gugur. 

Kemudian diikuti pemain lainnya. Lalu apakah ada yang selamat dan berhasil keluar? Apa tujuan dari si pembuat permianan tersebut? Mengapa keenam orang ini yang diundang untuk mengikuti permaianan berbahaya itu?

Highlight
Film berdurasi 109 menit ini berhasil menghadirkan deretan thriller penuh misteri dan teka-teki di setiap ruangannya. Penonton di bawa untuk terus penasaran, ada tantangan dan teka-teki apa lagi yang ada setelah berhasil dari satu tantangan. 

Film yang ditulis oleh Bragi F. Schut dan Maria Melnik ini mengingatkan sedikit film  SAW dan The Cabin in the Woods. Permaianan psikologis di sini pun dibangun dari masing-masing karakter, dan menjadi satu bumbu yang membuat penonton merasakan kesal, senang, gemas, dan lain sebagainya.

Kendati film ini bergenre thriller, tetapi cukup ramah bagi penonton. Karena, tak terlalu banyak mengumbar darah yang menjijikkan. Namun, hal yang menjadi perhatian adalah, sebuah ruangan yang menjadi tempat permainan.

Ruangan dalam permainan itu bisa bergerak, jatuh, berputar bahkan memanipulasi cuaca. Dan itu semua mampu ditampilkan dengan apik. Penulis skenario patut diacungi jempol, karena penonton serasa ikut  mencari petunjuk dari setiap permainan di dalam film.

Dari segi plot, film Escape Room memiliki polot maju mundur yang cukup cepat untuk mengungkap masa lalu masing-masing pemaian untuk mendukung setiap plot selanjutnya. Hal tersebut seolah-olah ingin fokus menyajikan pada permaianan yang menegangkan bagi penonton.

Secara keseluruhan, film Escape Room adalah menjadi pengalaman mengasyikkan sekaligus menegangkan sebagai film thriller pembuka tahun baru.

Jika Escape Room masih kurang memuaskan adrenalin, Anda juga bisa mengalaminya langsung. Datang saja ke Pandora Experience yang memiliki beberapa lokasi strategis seperti di Mall Ciputra, Alam Sutera, Kelapa Gading juga di luar kota seperti Bandung, Bali dan Surabaya.

Pandora experience adalah sebuah area wahana permainan petualangan meloloskan diri dari sebuah misteri dengan cara memasuki ruangan-ruangan permainan. Di sepanjang permainan yang memacu adrenalin ini, pengunjung akan menemukan kejutan-kejutan, lorong rahasia, ruangan rahasia, dan teka-teki yang membingungkan namun sangat seru. 

Pandora Experience menyajikan survival game tematik yang bisa dipilih selama 120 menit yang bisa diikuti hingga 14 pemain dalam satu grup. Dijamin, keseruan mencari teka-teki di film Escape Room akan terasa sama ketika bermain di Pandora Experience ini. *** (SS)
 

SHARE