Banyak Utang, Penyakit Bahaya Mengintai Anda! - Male Indonesia
Banyak Utang, Penyakit Bahaya Mengintai Anda!
Sopan Sopian | Sex & Health

Cukup banyak orang yang berutang demi memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya. Sebagai contoh, kebanyakan orang memilih untuk mendapatkan pinjaman demi bisa membeli rumah tinggal atau kendaraan pribadi yang bisa membantu aktivitas sehari-hari.

Utang - male Indonesiapexels.com

Ada pula orang yang sengaja berutang hanya demi memenuhi gaya hidupnya. Padahal, menurut penelitian yang dilakukan di Afrika Selatan dan dipublikasikan dalam jurnal kesehatan The Lancet pada Februari 2017, disebutkan bahwa resiko terkena serangan jantung bagi orang yang suka berhutang ini bahkan 6 kali lipat lebih besar dari yang dimiliki oleh orang yang stres karena pekerjaannya.

Peneliti utama, Dr. Denishan Govender, menyebutkan bahwa berhutang bisa memicu stress tersendiri yang akhirnya membuat orang yang melakukannya lebih mudah terkena tekanan darah tinggi atau tergiur untuk merokok demi menghilangkan stressnya. Bahkan tidak hanya itu, sederet penyakit berikut juga disebebkan oleh utang.

Depresi
Selain stres, terlilit utang yang banyak dan tidak lunas-lunas bisa bikin depresi. Stres yang berlanjut menjadi pemicu terjadinya gangguan berpikir ini. Orang yang tampak depresi bisa terlihat dari wajahnya yang sering murung, tatapannya kosong, enggan beraktivitas, hingga sulit tertawa sekalipun disuguhkan hiburan yang lucu.

Parahnya, depresi bisa mengakibatkan turunnya produktivitas, gangguan jantung, kerusakan otak, hingga memicu terjadinya bunuh diri. 

Hipertensi
Bukan cuma makan yang asin-asin atau kebanyakan makan garam yang bikin tekanan darah meninggi. Kebanyakan utang juga bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi alias hipertensi.

Sama seperti sakit kepala dan depresi, terjadinya hipertensi ini berawal dari stres. Adanya stres mendorong pelepasan hormon-hormon stres di tubuh seperti kortisol, adrenalin, hingga norepinefrin yang menyebabkan peningkatan denyut jantung dan menyempitkan pembuluh darah.

Akibatnya, tentu aja tekanan darah meningkat. Tingginya tekanan darah menjadi pertanda dari tekanan darah tinggi atau hipertensi. Sejumlah penyakit siap mengintai kalau hipertensi gak segera ditangani. Beberapa penyakit seperti penyakit jantung koroner, stroke, gagal ginjal, hingga kebutaan.

Stroke
Seperti yang sudah disebutkan di atas, hipertensi adalah satu penyebab dari terjadinya stroke. Orang yang terus-terusan hipertensi gara-gara stres memikirkan utang lama-lama bisa terkena stroke.

Stroke sendiri adalah gangguan yang terjadi pada tubuh karena pasokan darah ke otak yang berkurang. Akibatnya, bisa terjadi penyumbatan hingga pecahnya pembuluh darah. Area otak yang tidak dialiri darah bisa-bisa rusak hingga mati. Dari sinilah kenapa beberapa bagian tubuh gak bergerak alias lumpuh. *** (SS)

SHARE

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Invalid library (appears to be a Zend Extension, try loading using zend_extension=opcache.so from php.ini)

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: