Anthony Hopkins & Perannya Sebagai Tokoh Antagonis - Male Indonesia
Anthony Hopkins & Perannya Sebagai Tokoh Antagonis
Gading Perkasa | News

Siapa yang tidak kenal dengan Anthony Hopkins? Ia adalah satu dari sekian banyak aktor Hollywood yang berkualitas, dan sanggup memainkan berbagai peran, termasuk tokoh antagonis.

Photo credit: alatelefr on Foter.com / CC BY-SA

Sampai detik ini, sudah lebih dari 100 judul film pernah dibintangi oleh Anthony Hopkins. Karena dedikasinya pada dunia seni peran itulah, jangan heran jika aktor kawakan tersebut mendapat sejumlah penghargaan seperti Academy Awards sekaligus dianugerahi gelar kebangsawanan Inggris.

Dalam memerankan tokoh antagonis, Anthony Hopkins tidak main-main. Bahkan aktingnya di film Silence of The Lambs membuat aktris Jodie Foster menyimpan rasa takut kepadanya.

Foster melihat Hopkins sebagai sosok yang menyeramkan. Ia juga mengungkapkan bagaimana dirinya tidak berani dekat-dekat dengan aktor asal Inggris tersebut.

“Aku tak pernah bicara dengannya. Bagi saya, dia menakutkan. Sampai di akhir adegan saat film Silence of The Lambs selesai, kami tidak saling bicara,” ujar Foster.

Diadaptasi dari novel berjudul sama dan dirilis di tahun 1991, Silence of The Lambs menjadi film yang memperoleh banyak pujian dari kritikus. Film ini dinilai berada di dua batas sisi thriller dan horror.

Atas perannya sebagai Hannibal Lecter, Hopkins berhasil menyabet piala Oscar. Namun pencapaiannya tak mengurangi rasa takut Foster kepada sang aktor.

“Saya menghindarinya semampu saya, sampai di satu titik saya tak bisa lagi berkata-kata dan akhirnya menangis begitu ia mendekati saat syuting selesai waktu itu. Saya mengatakan bahwa saya takut sekali padanya. Ternyata ia mengatakan hal yang sama,” tutur Foster.

Di samping Silence of The Lambs, Anthony Hopkins juga bermain di sejumlah film yang sukses membawanya masuk nominasi bergengsi. Antara lain:

Bram Stoker’s Dracula (1992)

Di film horor karya Francis Ford Coppola ini Hopkins memerankan Professor Abraham van Helsing. Ia beradu akting dengan nama-nama besar Hollywood pada masa itu semacam Winona Ryder, Keanu Reeves, dan Gary Oldman.

The Remains of The Day (1993)

Film karya Kazuo Ishiguro ini bercerita tentang seorang butler yang mengorbankan jiwa raganya saat Perang Dunia II. Hopkins mendapat peran sebagai sang butler bernama James Stevens.

Peran itu berhasil membawanya masuk dalam daftar nominasi Aktor Utama Terbaik di Academy Awards dan Golden Globes, serta meraih piala BAFTA untuk kategori Aktor Utama Terbaik.

Legends of The Fall (1994)

Legends of The Fall adalah karya Jim Harrison. Film yang meraih Oscar kategori Sinematografi Terbaik ini menceritakan seorang ayah dan tiga anaknya di sebuah desa pada era 1900-an. Kisahnya dipenuhi pengkhianatan, cinta, dan sejarah. [GP]

SHARE