Hobi Berenang, Jangan Abaikan Kacamata Pelindung - Male Indonesia
Hobi Berenang, Jangan Abaikan Kacamata Pelindung
MALE ID | Sport & Hobby

Jangan abaikan pentingnya kacamata renang saat melakukan olahraga yang dekat dengan air dan menyenangkan ini. Olahraga berenang memang menjadi salah satu olahraga yang menyenangkan dan dapat dilakukan siapa saja bagi yang menyukainya. Meski tanpa perlu berkeringat, olahraga ini tetap bisa memiliki manfaat dari olahraga ini, seperti kesehatan tubuh dan dapat menurunkan berat badan.

pentingnya kacamata renang pixabay.com

Di Indonesia, tentu tidak sedikit yang memiliki hobi berenang ini. Namun dari sekian banyaknya orang yang hobi akan berenang. Khususnya para pria. Kerap kali mengabaikan pentingnya kacamata renang. Apalagi melakukannya di kolam renang umum.

Merasa tidak nyaman dan dapat menyebabkan pusing menjadi dua alasan dari sekian banyaknya alasan yang terlontarkan mengapa tidak mengenakan kacamata renang saat melakukan hobi renangnya.

Padahal, air pada kolam renang akan menjadi berbahaya ketika klorin bercampur dengan limbah tubuh, seperti urine, kotoran, keringat, sel kulit, dan produk perawatan tubuh. Maka, coba simak dulu bagiamana pentingnya kacamata renang untuk Anda agar terhindari dari berbagai hal buruk saat berenang.

Jika Anda Tidak Mengenakan Kacamata Renang

1. Iritasi dan Alergi pada Mata

Air di kolam renang atau di laut penuh dengan bakteri dan kuman yang tak kasat mata. Selain itu, masih banyak juga berbagai zat kimia, debu, dan kotoran yang tercampur di air. Berenang tanpa kacamata renang berisiko menyebabkan mata iritasi atau alergi karena terpapar berbagai bakteri, kuman, dan zat kimia seperti klorin di air. Akibatnya, mata pun akan jadi merah, gatal, perih, dan berair.

2. Sulit Mencermati Keadaan Kolam

Jika Anda tidak pakai kacamata renang, Anda akan lebih sulit mencermati keadaan sekitar Anda ketika menyelam. Anda mungkin masih bisa melihat samar-samar. Tetapi Anda akan lebih sulit untuk melihat jika ada daun, serpihan, puing, pecahan kaca, atau material asing yang bisa melukai mata atau tubuh Anda.

Di beberapa kolam renang, tidak ada pembatas yang jelas antara kolam yang dangkal dengan kolam yang dalam. Jika tidak benar-benar memerhatikan dasar kolam, Anda bisa terpeleset dan tenggelam di kolam yang dalam.

3. Kondisi medis tertentu

Orang yang memiliki mata kering, mata sensitif, gangguan penglihatan (seperti mata plus atau minus), atau baru sembuh dari penyakit mata tertentu sebaiknya selalu memakai kacamata renang. Anda bisa minta resep khusus dari dokter mata Anda dan memesan kacamata renang khusus, sesuai dengan kondisi Anda. Maka, Anda yang punya mata sensitif atau gangguan penglihatan pun tetap bisa berenang dengan aman.

Maka dari itu, pentingnya kacamata renang Anda gunakan saat melakukan hobi atau olahraga yang menyenangkan ini. Di mana, selain dapat mengindari berbagai hal yang merugikan diri Anda sendiri, dengan kacamata renang Anda bisa meningkatkan performa saat berenang.

Pemilihan Kacamata Renang

Meski memiliki manfaat banyak dengan menggunakan kacamata renang, namun Anda perlu mewaspadai penggunannya juga. Penggunaan kacamata renang bukan berarti tanpa masalah. Kacamata renang bisa menyebabkan terjadinya peningkatan tekanan dalam bola mata karena tali kacamata yang terlalu kencang.

Tali kacamata yang terlalu kencang ini juga dapat mengakibatkan terjadinya pusing. Anda cukup melepaskan kacamata renang atau Anda dapat mengatur kekencangan tali kacamata yang sesuai hingga tidak terlalu ketat. Jadi, jika Anda ingin mengenakan kacamata, pilihlah kacamata renang yang pas dengan bentuk kepala dan wajah Anda.**

SHARE