Trik Agar Aktivitas Olahraga Tak Cepat Lelah | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Trik Agar Aktivitas Olahraga Tak Cepat Lelah
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Melakukan olahraga minimal selama 30 menit per hari. Namun, beberapa orang merasa cepat lelah padahal belum sampai 30 menit berolahraga. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Photo by Autumn Goodman on Unsplash

Jika Anda mengalami cepat lelah, apalagi ketika melakukan olahraga sederhana, maka saatnya Anda harus melakukan perubahan. Berikut beberapa trik agar Anda tidak mudah lelah saat berolahraga.

Tingkatkan Intensitas dengan Perlahan
Pertama-tama lakukan pemanasan sebelum memasuki latihan dengan interval pendek. Setelah itu Anda bisa melakukan latihan dengan interval pendek seperti berlari, bersepeda, atau berenang. Kemudian lakukan repetisi jika memang diperlukan, jika sudah terbiasa tubuh tidak akan mudah lelah saat olahraga.

Istirahat Jika Tubuh Merasa Begitu Lelah
Tidak masalah jika Anda ingin berlatih lebih keras dan mendorong diri Anda untuk terus olahraga. Hal ini memang bisa membangun stamina tubuh secara perlahan. Namun ingat, tubuh juga perlu istirahat.

Jika memang Anda sudah merasa sangat lelah, hal yang Anda butuhkan adalah istirahat yang sepadan dengan latihan yang sebelumnya dilakukan. Jangan memaksakan tubuh tetap berolahraga. Alih-alih meningkatkan stamina, tubuh malah akan semakin loyo.

Cobalah Beberapa Jenis Olahraga
Mengganti atau melakukan latihan yang tidak itu-itu saja penting untuk membangun daya tahan tubuh dan stamina Anda. Ini juga bisa dilakukan agar tidak cepat lelah saat olahraga.

Tubuh Anda akan terbiasa dengan olahraga yang Anda lakukan setelah dua minggu. Dengan begitu, Anda bisa melakukan beberapa olahraga lainnya. Misal jika Anda biasanya olahraga lari, Anda bisa mulai melakukan muay thai, atau Anda bisa mengganti bersepeda dengan berjalan naik turun tangga. Melakukan berbagai olahraga seperti ini bisa membantu otot-otot lain lebih berkembang.

Pertahankan Durasi dan Frekuensi
Membiasakan diri dan punya jadwal rutin olahraga adalah kunci agar tidak cepat lelah saat olahraga. Pada awalnya, lakukan olahraga dengan durasi yang sesuai kemampuan Anda dan tak perlu memaksakan diri.

Namun, lagi-lagi Anda harus menambahkan durasi tersebut perlahan. Kunci untuk meningkatkan stamina adalah frekuensi dan durasi olahraga yang anda lakukan. Pastikan Anda tidak hanya akan melakukan olahraga sekali dalam seminggu.

Namun, Anda perlu memenuhi rekomendasi American College of Sports Medicine, yang merekomendasikan melakukan tiga hingga lima latihan mingguan, dengan masing-masing selama kurang lebih 20 menit. *** (SS)

SHARE