5 Dewi Mitologi yang Paling Liar dan Gila | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
5 Dewi Mitologi yang Paling Liar dan Gila
Sopan Sopian | Story

Mitos dan legenda tak lepas dari cerita tentang para dewa dan dewi yang turun ke Bumi, serta menunjukkan sikap yang baik dan benar di dunia. Bahkan ada banyak cerita dari para dewa dan dewi itu mewakili hasrat manusia, baik seksual, impian, hingga obsesi.

Dalam mitos, dewi wanita kerap menjadi sosok yang merugikan, karena telah menyesatkan para dewa. Dari banyaknya cerita mitos dan legenda soal dewa dan dewi di dunia, berikut ini adalah beberapa dewi mitologi dunia yang paling menggoda, pendengki, dan gila, yang membalikkan dunia dengan kekerasan yang tak terkendali.

Putri Lieu Hanh

Photo by Bui Th?y Dao Nguyen on Wikipedia

Putri Lieu Hanh dari mitologi Vietnam adalah salah satu dari Empat entitas ilahi Abadi yang disembah oleh orang-orang kuno di wilayah Delta Sungai Merah Vietnam dan diyakini kultusnya diciptakan oleh petani padi “yang membutuhkan tanah dan air.” 

Lieu Hanh adalah seorang putri Kaisar Giok Taoisme dan selama inkarnasinya di Bumi, dia jatuh cinta dengan pria fana, tetapi dia juga menggunakan sihirnya yang kacau untuk membuat pria lain menjadi gila. 

Menurut cendekiawan Bryan Turner dalam Routledge Handbook of Religions in Asia, pada hari-hari awal rezim Komunis di Vietnam Utara, mereka yang menyembah Lieu Hanh akan diancam ancaman kematian, tetapi kini Lieu Hanh disembah lagi oleh sekte-sekte. Terutama oleh para wanita Vietnam.

Chia

Photo by Andruvv on Wikipedia

Dewi Chia disembah oleh orang-orang Chibcha di Amerika Selatan dan namanya memiliki arti "wanita yang seperti bulan." Dia adalah dewi bulan rangkap tiga dalam agama orang-orang Muiska Pra-Kolombia yang mendiami wilayah Altiplano Cundiboyacense. 

Konon Chia adalah dewa pelindung Zipa (penguasa), yang memerintah wilayah yang meliputi ibu kota Bogota. Tetapi dalam aspek yang lebih muda, ia disembah sebagai Huitaca, dewi seni, tarian, musik, sihir, dan pembebasan seksual. 

Chinnamasta

Photo by Redtigerxyz on Wikipedia

Chinnamasta dalam kepercayaan Hindu dan Budha berarti "dia yang kepalanya dipenggal". Dan dewi yang rela berkorban ini paling sering digambarkan dalam sebuah gambar dengan tubuh berdiri di belakang pasangan yang bersanggama dengan tiga saluran darah menyembur dari lehernya yang terputus dan dua petugas meminum darahnya dari cangkir tengkorak.

Salah satu legenda menganggapnya sebagai salah satu samudra yang menggerakkan dewa-dewa dan setan Hindu yang mencoba mendapatkan ramuan keabadian. Ia dikatakan juga telah "meminum bagian iblis dari sebuah rampasan" sebelum memenggal kepalanya sendiri untuk mencegah setan-setan merebut kembali. 

Mitos lain mengatakan bahwa, Chinnamasta dan pelayannya sempat merasa sangat lapar, kemudian ia memenggal dirinya sendiri dan membiarkan pelayannya minum darah segarnya.

Inanna/Ishtar

Photo by Lushess on Wikipedia

Inanna adalah dewi kesuburan, seks, dan perang Sumeria (Irak kuno) yang kemudian dikenal di Mesopotamia sebagai Ishtar. Inanna adalah dewi yang kuat dan terbilang kejam.

Hal tersebut tak lepas dari masa lalunya. Di mana ia konon pernah diperkosa oleh tukang kebun saat tidur di bawah pohon. Atas apa yang terjadi, Inanna membuat badai besar, mengubah sungai menjadi darah, dan menimbulkan penyakit di mana-mana. *** (SS)

SHARE