Dua Istilah yang Mirip di Dunia Hubungan Intim | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Dua Istilah yang Mirip di Dunia Hubungan Intim
Gading Perkasa | Sex & Health

Ada berbagai macam istilah dalam hubungan intim yang kurang familier di telinga kita, tapi mungkin Anda atau pasangan berniat melakukan salah satu di antaranya.

hubungan intim - Male Indonesiapexels.com

Dua istilah yang paling sering diperbincangkan dalam hubungan intim adalah kinky dan fetish. Sudah tahu belum apa bedanya?

Kinky
Seperti dilansir HelloSehat, asal kata kinky adalah kink yang artinya sebuah keganjilan, keanehan, hal tidak biasa, atau tidak wajar. Dalam konteks aktivitas seksual, sederhananya kinky merupakan cara tidak biasa dalam berhubungan intim dan melibatkan perilaku tidak umum.

Misalnya, selama ini orang mengenal hubungan intim dengan gaya misionaris di atas ranjang. Kinky menjadi alternatif baru. Contohnya BDSM yang melibatkan perilaku submisif dan dominan, role play (bermain peran) dilengkapi kostum dan skenario, hingga aktivitas yang dipenuhi kekerasan.

Beberapa aktivitas lain yang termasuk kinky adalah voyeurism dan eksibisionisme (biasanya dilakukan di tempat tempat terbuka), juga threesome atau orgy.

Fetish
Fetish merupakan bentuk kecenderungan hasrat yang tidak biasa dan hanya dapat terpenuhi dengan melakukan hal tertentu untuk mencapai kepuasan. Misalnya objek sehari-hari yang membuat seseorang bergairah, entah itu terbilang normal atau bahkan aneh dan tidak pernah terpikir oleh orang lain.

Sebagai contoh, pria lebih bergairah melihat kaki pasangan yang memakai high heels saat bercinta. Salah satu fetish paling umum ditemukan adalah menjilat jempol kaki pasangannya (toe fetish).

Menurut psikolog dan terapis seks, Shannon Chavez, fetish umumnya berkembang selama hidup seseorang. Normal atau tidaknya fetish tergantung dari objek, intensitas dan cara pemenuhannya.

Apabila Anda telah memberitahu pasangan mengenai fetish Anda dan ia mau terlibat tanpa risiko tersakiti, maka perilaku ini masih bisa dibilang normal.

Akan tetapi, fetish dinilai sebagai gangguan apabila menyalahi norma yang berlaku. Seperti ketertarikan bercinta dengan hewan atau melakukan paksaan pada wanita.

Perbedaan kinky dan fetish
Sederhananya, fetish adalah bagian dari kinky. Meski sama-sama tidak lazim, tujuannya tetap sama, yaitu mencapai kepuasan bercinta dan dilakukan atas kesepakatan kedua belah pihak.

Bila ingin mewujudkan fantasi seks Anda, ada baiknya membicarakan dulu dengan pasangan. Tetap buat batasan dan aturan yang harus dipatuhi saat berhubungan intim. Jangan sampai malah membahayakan Anda berdua. [GP]

SHARE