Negeri Honduras yang Terlupakan di Amerika Tengah - Male Indonesia
Negeri Honduras yang Terlupakan di Amerika Tengah
Gading Perkasa | Relax

Bila disebutkan negeri Honduras, mungkin yang Anda ketahui adalah konflik politik dan sosial. Namun, rupanya ada potensi pariwisata di sana.

MaxPixel

Negeri Honduras terletak di Amerika Tengah, tepatnya dekat Guatemala dan El Savador, dengan Ibukota Tegucigalpa. Honduras juga merupakan produsen pisang terbanyak, namun diklasifikasikan sebagai negara yang berpenghasilan rendah.

Selain itu, Honduras terkenal karena konflik yang tidak kunjung usai. Mulai dari politik, sosial, hingga permasalahan geng dan kartel narkoba.

Bahkan, Global Peace Index tahun 2018 memposisikan Honduras sebagai salah satu dari 50 negara dengan tingkat keamanan yang rendah. Kasus pembunuhan dan perampokan sering terjadi di sana. Sampai-sampai, Amerika Serikat memberikan travel warning tingkat 3: Reconsider Travel.

Walau demikian, Honduras kini mulai unjuk gigi di kancah pariwisata internasional. Terbukti, negeri itu mengeluarkan berbagai kampanye untuk mempromosikan pariwisatanya.

Badan Pariwisata Honduras telah meluncurkan tema “You Can't Leave Honduras Without Really Knowing Honduras”, yang mengajak turis mengenal lebih dekat negara tersebut.

Bahkan, promosi mereka dikemas dengan menonjolkan sisi petualangan di Honduras. Aneka pantai, hutan, dan laut pun disalurkan lewat video maupun foto di situs resmi dan media sosial.

Atraksi Wisata
Honduras punya beragam pulau dengan pantai dan laut yang cukup bersih. Di situs resmi badan pariwisata Honduras, ada Roatan Bay Islands, yang masuk wilayah Laut Karibia. Di sana, terdapat beberapa sudut pantai disertai laut biru dan pasir putih, dilengkapi tempat diving dan biota laut.

Sementara wilayah Amapalla punya pemandangan perbukitan hijau. Wilayah ini juga dijual badan pariwisata setempat kepada turis.

Di daerah Copan, terdapat situs arkeologi peradaban Maya. Kini, Copan menjadi destinasi wisata di Honduras dan sebagai warisan budaya yang diakui oleh UNESCO. Begitu pula wilayah bersejarah yang berada di Santa Barbara, Colon, Comayagua dan wilayah lainnya.

Honduras juga punya taman nasional dan wisata alam seperti Wildlife Shelter Cuero Y Salado Bars di Atlantida, Bird Park Guacamaya, hingga Benteng The Fort of San Cristobal di Lempira.

Perihal urusan MICE (Meeting, Incentive, Convention & Exhibition), Honduras mempromosikan beberapa wilayah di Tegucigalpa, San Pedro atau La Ceiba.

Bisa dibilang, semua jenis wisata ada di sana. Mulai sejarah, alam, dan berbagai warisan budaya sampai keperluan bisnis.

Jika ditempuh dari Indonesia, Honduras punya jalur yang cukup jauh. Perjalanan ke Tegucigalpa, ibu kota Honduras ditempuh dengan tiga kali transit. Jakarta ke Singapura, kemudian menempuh perjalanan ke Los Angeles. Dari sana bisa menuju Bandara Toncontin di Tegucigalpa. Tarif pesawatnya mulai 27-30 juta rupiah. [GP]

SHARE