Kebahagiaan Bagi Anda yang Masih Jadi Pria Jomblo - Male Indonesia
Kebahagiaan Bagi Anda yang Masih Jadi Pria Jomblo
Gading Perkasa | Relationships

Masih single di tahun 2019 boleh jadi bikin Anda berencana untuk segera mempunyai pasangan. Ketahuilah, bahwa Anda tidak perlu memaksakan diri.

mempunyai pasangan - Male Indonesiapexels.com

Sebagian orang yang sudah mempunyai pasangan ternyata tidak lebih bahagia. Ada banyak cara agar pria single bisa tetap have fun.

“Beberapa orang benar-benar lebih bahagia melajang daripada berada dalam suatu hubungan, itu normal dan sehat,” kata pakar hubungan Antonia Hall kepada Bustle.

Dulu, orang cenderung menganggap para jomblo tidak bahagia karena identik dengan menghadapi suatu fase penantian sampai mempunyai pasangan. Namun, zaman sudah berubah. Kini melajang adalah pilihan hidup.

Studi sepanjang 2017 telah menyimpulkan bahwa orang yang single lebih bahagia ketimbang mempunyai pasangan. Studi 2018 pun menyatakan mereka lebih bahagia tanpa pasangan.

“Melajang memungkinkan kehidupan terasa bermakna dan memuaskan seperti apa adanya. Selama hidup dipenuhi kegiatan yang membawa kepuasan sejati, Anda melakukan tindakan tepat,” ujar Hall.

Melansir dari Times, pakar hubungan Susan Winter menjelaskan ada banyak keuntungan menjadi single. Menurutnya, melajang membuat pikiran tidak kacau seperti mereka yang menjalin hubungan sehingga memberi ruang bagi pikiran dan impian baru untuk tumbuh.

Hall mengungkapkan, setidaknya ada empat tanda Anda lebih bahagia tanpa mempunyai pasangan. Pertama, Anda berfokus pada tujuan pribadi atau profesional melebihi hal lain. Lalu, Anda lebih suka melakukan apapun yang Anda inginkan karena lebih bebas.

Ketiga, Anda menikmati kepemilikan dan kontrol penuh untuk menggunakan dan menghabiskan waktu. Terakhir, Anda bebas membuat keputusan tanpa harus mempertimbangkan orang lain.

“Jika Anda memikirkan tiga opsi, satu opsi adalah bahagia ketika Anda single, kemudian tidak bahagia dalam suatu hubungan, dan menjadi lajang yang kurang bahagia,” tutur Dr. Taitz, psikolog.

Dr. Taitz juga menyarankan agar Anda membenamkan diri dalam kegiatan berarti sembari menikmati momen seperti melakukan kegiatan yang bermakna dan mendapatkan dukungan sosial.

“Coba habiskan waktu berkualitas bersama teman. Jangan lupa manfaatkan kecerdasan dan kreativitas Anda untuk mengekspresikan diri,” kata dia.

Pada intinya, Dr. Taitz berujar bahwa single adalah perihal bahagia menjadi diri sendiri. Jadi, jika status single mendorong Anda mengubah diri hanya demi menggaet teman kencan, maka Anda salah besar.

“Semakin Anda berbuat baik pada diri sendiri, maka Anda bakal semakin bahagia,” ucapnya. [GP]

SHARE