Brian May Rilis Lagu untuk Misi Luar Angkasa | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Brian May Rilis Lagu untuk Misi Luar Angkasa
Gading Perkasa | News

Tepat pada saat pergantian tahun 2018 menuju 2019, gitaris band legendaris Queen, Brian May, meluncurkan lagu baru berjudul New Horizons.

Pexels

Karya anyar Brian May setelah lebih dari dua dekade tersebut diperuntukkan bagi misi NASA bernama serupa yang sedang berlangsung dan menandai penerbangan pesawat ruang angkasa terjauh dalam sejarah pada 1 Januari 2019.

Brian May yang memiliki gelar doktor di bidang astrofisika dan juga kolaborator sains proyek New Horizons, mengemukakan dirinya memang diminta oleh pihak NASA untuk menulis lagu khusus (anthem) bagi perjalanan misi tersebut.

“Saya selalu ingin melakukan hal-hal terkait luar angkasa sejak saya masih kecil, dan jelas musik menjadi bagian besar dalam hidup saya. Jadi ini adalah kesempatan saya mengolaborasikan keduanya dan membuat sesuatu yang tidak biasa,” kata May seperti dilansir dari Forbes.

Peluncuran lagu New Horizons dilakukan di kantor pusat kendali NASA di Maryland, Amerika Serikat, pada malam tahun baru 2019. May menjelaskan beberapa latar belakang.

“Dulu, mereka meluncurkan roket yang membawa pesawat ruang angkasa, bentuknya mirip grand piano. Ukurannya hampir sama seperti grand piano dengan banyak perlengkapan berbeda. Sebenarnya itu adalah peluncuran tercepat, ia bergerak jauh dari bumi lebih cepat dari apa pun yang pernah diluncurkan,” ujarnya.

Kemudian, pada tahun 2015, wahana antariksa itu memiliki pertemuan yang sukses dengan Pluto.

“Ketika saya masih kecil, Pluto hanya sesuatu yang kita ketahui, ditemukan pada 1930-an dan berupa titik putih. Bagi kami, itu adalah planet yang sangat kecil di luar jangkauan tata surya. Jadi, sekarang pesawat ruang angkasa ini mengambil foto-foto yang luar biasa, dan untuk pertama kalinya kita tahu seperti apa Pluto,” tutur dia.

“Misi ini adalah tentang rasa keingintahuan. Kebutuhan umat manusia untuk mengeksplorasi dan mencari jawaban akan hal yang membuat jagat raya berlangsung. Lagu yang saya buat merupakan anthem bagi kerja keras umat manusia,” tuturnya lagi.

Sebagai catatan, pada malam pergantian tahun 2019, New Horizons, sebuah wahana antariksa nirawak yang dulu mengeksplorasi wilayah Pluto, kini ditugasi NASA menjelajah objek ruang angkasa bernama Ultima Thule. [GP]

SHARE