Menikmati Indahnya Kota Kelahiran Harry Potter - Male Indonesia
Menikmati Indahnya Kota Kelahiran Harry Potter
Gading Perkasa | Relax

Kota Edinburgh yang berada di Skotlandia barangkali terdengar asing di telinga Anda. Wajar saja, pamor kota ini kalah jauh dibanding tetangganya, London, yang sudah sangat terkenal di dunia sebagai bagian dari United Kingdom (UK).

Giuseppe Milo/flickr

UK sendiri merupakan singkatan dari The United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland yang terdiri dari Inggris, Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara. Jika Anda familier dengan London, Anda pun wajib melirik kota Edinburgh sebagai destinasi wisata selanjutnya. Kenapa?

Kota tua yang Menakjubkan
Edinburgh bukanlah kota terbesar di Skotlandia, tapi keindahannya tak perlu ditanya. Di mana lagi Anda bisa menemukan kota tua yang menakjubkan?

skotlandia edinburgh - male indonesia
Pixabay.com

Well, hampir semua bangunan di Edinburgh mengusung model Victorian dengan usia bangunan lebih dari satu abad. Tidak peduli di mana pun Anda berdiri, semua sudut kota Edinburgh bisa jadi spot foto yang keren.

Keindahan kotanya makin terasa karena keramahan orang-orang di dalamnya. Memang, orang Skotlandia dikenal akan tata krama dan sopan santun yang bakal membuat Anda betah menjelajahi berbagai hal menariknya.

Kaya akan Wisata
Kota terbesar ke-2 di Skotlandia setelah Glasgow ini kaya akan destinasi wisata. Salah satunya adalah Edinburg Castle, ikon dan bangunan paling penting di Skotlandia. Kastil yang terbuat dari bebatuan gunung berapi ini berada di atas Bukit Castle Rock dengan tinggi sekitar 130 meter di atas permukaan laut.

Anda juga bisa ke Royal Mile, jalanan teramai sekaligus penghubung dua bangunan penting, yaitu Edinburgh Castle dan Holyrood Palace, hingga Calton Hill, bukit indah yang kerap dijadikan spot foto dan objek lukisan.

skotlandia edinburgh - male indonesia
Pixabay.com

Kota literasi
Bagi Anda penggemar novel Harry Potter karya JK Rowling, nama Edinburgh pasti sudah akrab. Tempat ‘lahirnya’ Harry Potter ini adalah kota yang pertama kali dinobatkan sebagai kota literasi oleh UNESCO.

Penobatan tersebut didukung oleh fakta bahwa Skotlandia sudah menghasilkan banyak penulis sastra terbaik. Penetapan Edinburgh sebagai kota literasi pada tahun 2008 pun bertujuan untuk menjadikan kota ini penuh kreativitas dan menjadi kota pendidikan.

Banyaknya hal menarik di kota Edinburgh membuatnya layak masuk dalam daftar destinasi wisata Anda selanjutnya. Kapan Anda mau ke sana? [GP]

SHARE