Langka! Motor Klasik dengan Harga Fantastis | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Langka! Motor Klasik dengan Harga Fantastis
Gading Perkasa | Sport & Hobby

Di tengah pesatnya kemajuan desain motor modern, motor klasik tetap punya daya tarik tersendiri. Bahkan motor berjenis ini bisa memiliki banderol harga yang boleh dibilang fantastis.

Tingginya harga itu tak lain disebabkan oleh nilai sejarah dan jumlahnya yang tak banyak, alias langka. Saking langkanya, para kolektor rela merogoh kocek dalam-dalam demi mendapatkan motor klasik yang mereka inginkan.

Apa saja motor klasik yang dibanderol dengan harga tinggi? Berikut ulasan kami sebagaimana dilansir dari Myinfopie.

BMW R32 (1924)

wikimedia commons

Sepeda motor klasik yang memiliki harga selangit salah satunya adalah BMW R32. Pihak BMW menciptakan produk ini ketika Jerman diembargo melalui Perjanjian Versailles di Perang Dunia I.

Perjanjian Versailles intinya melarang produksi segala jenis peralatan militer. Dampak dari perjanjian tersebut membuat BMW yang awalnya merupakan produsen mesin pesawat tempur terpaksa banting setir memproduksi sepeda motor R32 pada 1924.

BMW R32 saat itu telah dibangun dengan transmisi tiga percepatan. Tidak seperti sepeda motor yang lazim ditemui sekarang, dimana perpindahan giginya menggunakan pedal kaki, sistem perpindahan transmisi BMW R32 memakai tuas perseneling. Posisinya berada di sisi tangki bahan bakar.

Di pasaran, harga jual BMW R32 ditaksir mencapai 165 ribu USD atau sekitar 2,39 miliar rupiah. Sepeda motor pertama BMW ini bukan cuma menjadi motor klasik terbaik, melainkan juga karya BMW terbaik sepanjang sejarah pabrikan tersebut.

Harley Davidson Strap Tank Single (1907)

wikimedia commons

Sepeda motor dengan harga tertinggi rupanya dipuncaki oleh Harley Davidson Strap Tank Single yang dibuat pada tahun 1907. Motor klasik ini merupakan model produksi pertama yang diciptakan oleh dua orang, yakni William S. Harley dan Arthur Davidson.

Harley Davidson Strap Tank Single menjadi salah satu di antara sedikit model Harley Davidson yang mengusung mesin satu silinder. Saat itu, HD Strap Tank Single dibangun hanya dengan memasang mesin pada rangka sepeda.

Adapun harga jual dari Harley Davidson Strap Tank Single ditaksir mencapai 352 ribu USD atau sekitar 5,1 miliar rupiah.

Jadi, mana motor klasik yang mau Anda bawa pulang ke garasi? [GP]

SHARE