Helm Canggih dengan Teknologi Augmented Reality | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Helm Canggih dengan Teknologi Augmented Reality
Gading Perkasa | Sport & Hobby

Jika Anda pernah menyaksikan film Iron Man, tentunya Anda tahu sosok Tony Stark yang mempunyai helm canggih berteknologi augmented reality (AR). Baik navigasi, senjata lawan, target hingga komunikasi dengan sistem Jarvis bisa ia lakukan.

jarvish.com

Ternyata, helm canggih milik Iron Man itu sudah diwujudkan di dunia nyata. Jarvish, perusahaan startup asal Taiwan mengembangkan helm ini dengan nama Jarvish X-AR Smart Helmet.

Di dalam Jarvish X-AR Smart Helmet, telah disematkan layar HUD yang memantulkan beragam informasi ke visor. Navigasi, kondisi lalu lintas, medan jalan, kecepatan, rambu, pesan masuk, telepon, semua bisa dikontrol via suara, jadi tak perlu menekan tombol rumit untuk mengendalikan sistem tersebut.

Seperti dilansir dari Kickstarter, kamera 360 derajat menjadi andalan Jarvish X-AR Smart Helmet. Adanya kamera di bagian depan dan belakang membuat pengendara bisa memandang lebih luas guna memantau situasi sekitar.

Semua gambar juga bisa direkam dalam kualitas 2K high-definition ke memori penyimpanan 256 GB. Lagi-lagi, semua kendali dilakukan via suara, termasuk memerintahkan live video ke sosial media saat riding.

Aplikasi virtual assistant yang bisa dipakai di Jarvish X-AR Smart Helmet pun beragam, mulai dari Amazon Alexa, Siri atau Ok Google.

Lalu, bagaimana spesifikasi standar helm canggih buatan Jarvish? Sebelum memaksimalkan sektor teknologi, Jarvish rupanya sudah lebih dulu menyiapkan material helm terbaik.

Sebut saja serat karbon murni yang disematkan pada seluruh material shell. Begitu pula rancangan bentuk yang merujuk pada sertifikasi standar helm dunia, CNS, ECE, DOT hingga FCC. Bobot helm hanya sekitar 1,7 kg, cukup ringan bila mengingat berbagai fitur di dalamnya.

Helm ini juga ditenagai oleh baterai lithium dengan kualitas terbaik. Bahkan Jarvish memilih flexible type lithium ceramic battery (FLCB) berklasifikasi military grade. Baterai berukuran tipis ini sanggup menyuplai tenaga pada helm hingga empat jam dan dapat ditekuk untuk penyimpanan di segala tempat.

Perangkat standar lain yang sudah ada di helm versi sebelumnya pun tetap ada. Misalnya koneksi Bluetooth ke smartphone, komunikasi dengan helm lain, hingga beragam sensor seperti gyro, e-compass, accelerometer, ambient light dan wireless charging.

Proses pemesanan Jarvish X-AR Smart Helmet dilakukan dengan sistem crowd founding pre-order. Metode ini membuka kesempatan bagi calon pembeli dalam memesan barang sekaligus investasi untuk pengembangan produknya.

Karena target investasi terpenuhi, para pembeli bisa mendapat helm tersebut pada September 2019, dengan harga 999 USD atau setara 14,5 juta rupiah. [GP]

SHARE