Seberapa Sabar Anda Saat membuka Situs online? | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Seberapa Sabar Anda Saat membuka Situs online?
Sopan Sopian | Digital Life

Seberapa sabar Anda sebagai pengguna internet saat menunggu loading sebuah website? Bisa lebih dari tiga menit atau justru kurang dari detik?

Photo by Bench Accounting on Unsplash

Ternyata, Google meneliti sikap para pengguna internet terhadap penelusuran di mesin pencari Search untuk lamanya mereka menunggu untuk terbukanya sebuah website.

Hasilnya mengejutkan, penelitian itu menunjukkan warganet mau menunggu situs terbuka dalam tiga detik. Apabila lebih dari waktu tersebut, maka dianggap lama. Manajer Pemasaran Google Indonesia, Muriel Makarim menuturkan bahwa, lebih dari 50 persen akan keluar jika loading sebuah website lebih dari 3 detik.

Temuan Google, rata-rata sebuah situs di Indonesia memerlukan waktu enam detik hingga terbuka. Warganet di Indonesia mayoritas mengakses Internet hanya melalui ponsel, pergeseran yang cukup signifikan menurut Google Indonesia, dari yang mengakses ponsel paling utama lewat ponsel, menjadi hanya melalui ponsel.

Penetrasi ponsel ke konsumen di antara perangkat mobile lainnya mencapai 94 persen hingga konsumen di Indonesia mengakses Internet hanya lewat ponsel. Dari data yang dihimpun, 75 persen responden mengaku loading time atau waktu menunggu sebuah situs hingga terbuka adalah hal yang penting.

Sebanyak 66 persen ingin mudah menemukan informasi yang dibutuhkan di situs tersebut, sementara 61 persen responden ingin tampilan situs yang baik di gawai mereka. Hanya 24 persen responden yang berpendapat tampilan sebuah situs harus menarik, 58 persen mengaku sebuah situs harus mudah digunakan.

Google juga menemukan perkembangan teknologi dan Internet juga mengubah perilaku konsumen saat berbelanja, baik belanja online maupun datang langsung ke toko. Sebelum berbelanja, konsumen mencari informasi mengenai kualitas sebuah produk melalui ulasan, terutama dalam bentuk video.

Temuan ini diperkuat dengan kenaikan 1,4 kali dibandingkan tahun sebelumnya untuk kata kunci "review" di YouTube. Ketika ingin berbelanja, konsumen juga ingin mendapatkan produk berkualitas dengan harga terbaik melalui promosi yang ditawarkan, ditunjukkan dengan kenaikan kata kunci “kupon", "diskon", dan "promo" sebesar 3 kali lipat dalam dua tahun. *** (SS)

SHARE