Karya Musik yang Dikenal Mendunia Berkat Film - Male Indonesia
Karya Musik yang Dikenal Mendunia Berkat Film
Sopan Sopian | News

Soundtrack adalah bagian penting dalam sebuah film. Terkadang para pembuat film rela menghabiskan banyak budget untuk membuat soundtrack film. Tapi, banyak juga yang bekerja sama dengan musisi dengan ‘meminjam’ karya mereka untuk dijadikan soundtrack

Karena, sebuah film yang bagus biasanya didukung oleh musik yang hebat, dan lagu tema atau original soundtrack yang keren. Entah karena lagu dengan lirik menyayat hati, atau musik yang menghentak sehingga membuat penonton terpacu adrenalinnya.

Bahkan, beberapa lagu soundtrack film juga ikut laris seperti filmnya, bahkan ada yang lebih laris dari filmnya. Lalu, lagu apa saja yang sukses atau laris setelah menjadi soundtrack film itu?

Happy

Menulis lagu "Happy" ini bukan perkara mudah bagi Pharrell Williams. Ini karena produser ternama ini menginginkan lagu yang akan membuat siapapun yang mendengarnya merasa happy (bahagia). Lagu "Happy" benar-benar diciptakan dan ditulis oleh Pharrell sendiri, berbeda dengan kebanyakan lagu zaman sekarang yang seringnya dibuat oleh tim.

Dalam film lagu ini ditampilkan pada momen penting, saat sang pemeran utama Gru jatuh cinta dan merasa sangat bahagia. Pharrell yang pernah menulis lagu untuk Gwen Stefani, Robin Thicke, Daft Punk, dan Snoop Dog ini mengatakan, rasa bahagia yang dirasakan Gru sungguh besar sampai membuatnya menari-nari di jalan.

"Rasa bahagia seperti itu sangat menular, kamu tidak akan bisa merasa tidak bahagia." Perasaan itulah yang ingin diciptakan ulang oleh Pharrell dalam lagunya ini. Tak heran kemudian lagu ini dibawakan dimana-mana di seluruh dunia. Dan berhasil membawa suami dari model Helen Lasichanh ke puncak teratas daftar lagu terlaris. 

Lost Stars

Dibawakan oleh vokalis Maroon 5 membuat lagu “Lost Stars” masuk ke jajaran lagu laris, sesuatu yang tidak bisa dicapai oleh filmnya yang lebih bernapaskan indie. Gregg Alexander, salah satu penulis lagu ini mengatakan, “Tujuan kami adalah agar setiap lirik dan sentimen dalam lagu ini bisa membentuk ceritanya sendiri.”

Ia kemudian juga menambahkan bahwa ini adalah salah satu tembang tersedih yang pernah ditulisnya. Penyanyi yang lebih dikenal dengan nama New Radicals ini kemudian mengatakan, ia terpaksa mengubah melodi dan kunci lagu ini agar lebih riang.

Tapi karena liriknya yang sedih itu juga yang membuat lagu ini jadi sangat populer dan selalu diputar di radio-radio. Kemudian dimasukkan ke dalam album kelima Maroon 5, V, membuat banyak orang tidak tahu bahwa lagu ini adalah soundtrack dari sebuah film berjudul Begin Again yang dibintangi oleh Keira Knightley, Mark Ruffalo, dan Adam Levine sendiri.

Dealova

Dibawakan oleh mantan vokalis Dewa 19, Elfonda Mekel alias Once, lagu pengiring film yang diangkat dari novel berjudul sama ini merajai tangga lagu Tanah Air, pada zamannya. Ditulis oleh Opick, Once membawakan lagu ini sambil diiringi oleh Victorian Philharmonic Orchestra.

Film yang diangkat dari novel karya Dyan Nuranindya ini dibintangi oleh Jessica Iskandar, Evan Sanders, dan Ben Joshua. Filmnya sendiri tidak terlalu terkenal. Tapi, tembang Dealova menjadi ikonik dan identik dengan sosok Once. Lagu itu juga masuk ke jajaran everlasting song.

My Heart Will Go On

My Heart Will Go On adalah lagu Celine Dion yang menjadi soundtrack film populer, Titanic. Kesuksesan Titanic mengiringi kesuksesan lagu ini juga. My Heart Will Go On menempati posisi pertama berbagai tangga lagu dan tercatat dalam Guinnerss World Records sebagai salah satu lagu terlaris sepanjang masa. 

Lagu ini juga menyabet berbagai penghargaan seperti Oscar, Golden Globe dan Grammy. Di tahun 2007, My Heart Will Go On dirilis dalam dua album, yakni album Titanic Soundtrack dan album Let’s Talk About Love milik Celine Dion.

See You Again

See You Again adalah lagu karya rapper berkebangsaan Amerika Serikat Wiz Khalifa yang menampilkan penyanyi berkebangsaan Amerika Serikat Charlie Puth. Lagu See You Again merupakan lagu soundtrack untuk film Fast and Furious 7 sebagai tribut kepada mendiang Paul Walker. Khalifa menulis lagu See You Again bersama produser lagu ini, DJ Frank E dan Andrew Cedar, dengan tambahan produksi dari Puth dan mixing yang dikerjakan oleh Manny Marroquin.

Lagu See You Again dirilis pada tanggal 17 Maret 2015 sebagai singel utama dari album “Furious 7: Original Motion Picture Soundtrack” di Amerika Serikat. Lagu ini ditulis untuk mengenang mendiang Paul Walker, yang meninggal karena sebuah kecelakaan mobil pada tanggal 30 November 2013 karena pembuatan film Fast and Furious 7 (2015) sedang berlangsung. *** (SS)

SHARE