Tak Selalu Buruk, Bir Ternyata Punya Efek Positif - Male Indonesia
Tak Selalu Buruk, Bir Ternyata Punya Efek Positif
Sopan Sopian | Sex & Health

Banyak orang menganggap bahwa minum bir hanya akan mencari penyakit saja. Namun faktanya minum bir tidak selalu berefek buruk, asalkan Anda tahu batasnya.

bir - male Indonesiapixabay.com

Hal itu diamini Indra Isa, salah satu Founder Beergembira, digital community. Ia juga menuturkan, setiap orang akan tahu batasnya saat dia sudah mulai over atau belum, termasuk bagi teman-teman pemula yang baru coba minum bir.

"Minuman beralkohol seperti bir juga bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan jika Anda mengonsumsi dengan bijak dan tentunya juga harus tahu batasnya," tuturnya.

Indra Isa memparkan bahwa manfaat dari bir bagi kesehatan, misalnya ntuk kesehatan jantung, diabetes, risiko batu ginjal, dan manfaat tulang. Hal tersebut karena bir terbuat dari air, barley, hops dan ragi. Selain itu, bir juga mengandung nutrisi yang cukup melimpah seperti magnesium, potasium, fosfor, biotin, vitamin B dan masih banyak lagi. 

Mengutip berbagai sumber, ternyata masih ada manfaat bir lainnya selain yang disebutkan Indra Isa. Di antaranya:

Memperkuat tulang
Sebuah penelitian yang dilakukan Journal of the Science of Food and Agriculture, mengkaitkan segelas bir bisa memperkuat tulang dan kesehatan karena bir kaya silicon diet, yang merupakan zat utama untuk meningkatkan kepadatan mineral tulang.

Mempertajam otak
Riset yang dilakukan New England Journal of Medicine menyebutkan, minum segelas alkohol jenis anggur dan spirits sehari, memiliki risiko lebih rendah mengalami penurunan mental dan ingatan.

Meningkatkan kesehatan jantung
Sebuah analisa yang dipublikasikan European Journal of Epidemiology menyebutkan orang yang minum segelas bir sehari, 31 persen lebih rendah menderita serangan jantung atau stroke.

Mengandung antioksidan
Laporan Journal of Science of Food and Agriculture, bir hitam memiliki kandungan zat besi yang lebih tinggi ketimbang bir jenis lainnya. Zat besi adalah mineral penting dalam sel, termasuk berfungsi mengantarkan oksigen dari paru-paru ke seluruh bagian tubuh. Bukan hanya itu, bir hitam juga banyak kandungan antioksidannya sehingga bisa membantu memperbaiki kerusakan sel secara alami dalam tubuh.

Membantu mencegah terserang penyakit Alzheimer
Para peneliti di Loyola University Chicago Stritch School of Medicine menganalisis beberapa studi dan menyimpulkan bahwa para peminum bir 23% lebih kecil kemungkinannya untuk terkena penyakit Alzheimer. 

Kandungan zat silikon dalam bir akan mencegah berbagai bentuk demensia dan gangguan kognitif, termasuk Alzheimer. Isi silikon dalam bir ini, diduga melindungi otak dari efek berbahaya dari tingginya zat aluminium dalam tubuh, yang merupakan salah satu kemungkinan penyebab Alzheimer terjadi.

Membantu mengobati ketombe
Fakta lain yang menarik tentang bir adalah bir juga bisa digunakan sebagai obat alami yang bisa membasmi ketombe di kepala Anda. Pasalnya, bir dikaitkan dengan kadar ragi yang tinggi dan kaya akan vitamin B. Dengan hanya  membilas rambut Anda dengan bir sekitar dua sampai tiga kali seminggu, ini ampuh  untuk menyingkirkan ketombe dan membuat rambut Anda lembut dan mengkilap. *** (SS)

SHARE