Masa Liburan Usai! Kiat Untuk Siap Kembali Bekerja | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Masa Liburan Usai! Kiat Untuk Siap Kembali Bekerja
Sopan Sopian | Relax

Long- weekend atau libur panjang menjadi sesuatu hal yang paling ditunggu-tunggu oleh semua orang. Sebab seperti yang diketahui liburan dapat dijadikan pelepas penat atas pekerjaan yang menumpuk.

Photo by Anete L?si?a on Unsplash

Tidak heran banyak orang yang menghabiskan liburan di akhir pekan yang panjang dengan bersantai, mengunjungi tempat yang tenang atau tempat wisata yang bisa memberikan angin segar untuk pikiran. Dengan kata lain masa liburan menjadi masa yang paling menyenangkan untuk semua orang.

Banyak orang juga mengatakan jika liburan bisa membantu otak agar lebih segar. Namun tidak bisa disangkal jika usai liburan apalagi jika harus masuk kantor di antara dua hari libur atau setelah mengambil cuti panjang.

Rasa malas yang menyebabkan membuat kita enggan untuk kembali bekerja. Sangat sulit untuk menemukan rasa lelah yang muncul setelah lama, akibatnya semangat untuk bekerja akan turun. Maka dari itu, Anda perlu sadarkan diri dengan beberapa kiat berikut ini, bahwa liburan telah usai!

Saat Liburan Fokus pada Liburan
Ketika sedang berlibur jangan membayangkan pekerjaan kantor. Lebih baik istirahatkan pikiran dan tubuh Anda dari rutinitas kantor. Ini merupakan poin penting yang perlu Anda lakukan saat berlibur.

Jika memungkinkan jauhkan diri Anda dari berbagai sarana yang bisa membuat liburan Anda terganggu. Jika Anda melakukan hal di atas, maka Anda dapat merasakan hari libur dengan tubuh dan pikiran Anda benar-benar segar dan rileks. Dengan begitu Anda akan merasa semangat 100 persen ketika liburan berakhir.

Berikan Waktu Luang Sejenak Setelah Liburan
Setelah liburan selesai, dan mulai kembali bekerja, jangan paksakan Anda langsung bekerja sepenuhnya. Karena jiwa dan raga masih merasakan efek dari liburan yang Anda jalani, biarkan fisik dan pikiran Anda bergaul dengan rutinitas di kantor.

Jika merasa sudah cukup beradaptasi, barulah Anda mulai bekerja dengan seluruh jiwa dan raga. Kemudian, jangan panik pekerjaan yang Anda jalankan. Sebaiknya prioritaskan pekerjaan yang mudah lebih dahulu, barulah selesaikan pekerjaan lain yang lebih berat.

Mintalah Info Update Pekerjan Sehari Sebelum Liburan Berakhir
Pada saat liburan panjang, pasti Anda tidak dapat membayangkan atau memikirkan pekerjaan kantor. Untuk itu, mintalah info update pekerjaan kantor sehari sebelum liburan Anda berakhir. Setelah mendapatkan, Anda tidak akan kaget ketika Anda kembali bekerja.

Informasi update itu juga baik untuk memisahkan kevakuman setelah berlibur dalam memulai pekerjaan bersama dengan koordinator atau manajer Anda. Dengan demikian, Anda masih bisa menunjukkan komitmen pada pekerjaan.

Minta Diingatkan Teman atau Keluarga
Ketika efek liburan itu masih ada, rasanya Anda perlu meminta diingatkan oleh teman, sahabat, atau keluarga Anda. Bahwasannya liburan sudah berakhir dan harus kembali pada rutinitas sehari-hari. Karena, terkadang merekalah yang membuat Anda bisa kembali ke aktivitas semula. *** (SS)

SHARE