Tak ada Alasan, Tetap Berolahraga di Musim Hujan - Male Indonesia
Tak ada Alasan, Tetap Berolahraga di Musim Hujan
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Udara dingin saat musim hujan cenderung membuat orang malas bergerak dan lebih memilih untuk berada di bawah selimut lebih lama. Namun meski udaranya tak bersahabat, bukan berarti Anda tidak melakukan olahraga. 

Olahraga rutin dan teratur penting untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Kerena, tubuh tetap butuh olahraga, terlebih karena kondisi lingkungan buruk dan virus penyakit lebih mudah menular. Lalu olahraga apa yang bisa dilakukan di musim hujan dengana ngin yang kencan seperti sekarang ini?

Olahraga Skipping

Pixabay.com

Skipping atau lompat tali dapat meningkatkan fleksibilitas, kebugaran dan koordinasi kardio pernapasan. Menurut ahli kebugaran Althea Shah disebutkan bahwa olahraga skipping ini bermanfaat dan sangat bagus dalam membangun tulang dan membantu menurunkan berat badan. 

Anda bisa melakukan lompat tali dalam satu jam setidaknya dapat membakar sampai dengan 560 kalori. Caranya juga terbilang mudah untuk dipelajari dan sudah banyak diketahui oleh masyarakat. Olahraga ini juga bisa dilakukan di dalam rumah. Sehingga musim hujan tidak menjadi penghalang.

Skot Jump

Photo: jbsa.mil

Squat jump atau skot jump, dilakukan dengan memberikan tekanan pada otot paha dan betis. Gerakan olahraga ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan pun, apalagi olahraga ini tak membutuhkan peralatan apa pun. Skot jump bermanfaat untuk membentuk otot tubuh, membangun energi pada otot, dan mengoptimalkan pembakaran lemak.

Naik-Turun Tangga atau Kursi

Pixabay.com

Jika rumah Anda bertingkat, maka Anda bisa gunakan tangga untuk melatih otot kaki. Penelitian yang dilakukan para ilmuwan di Oregon State University membuktikan bahwa naik-turun tangga berpengaruh baik terhadap tekanan darah, kolesterol, dan kadar gula darah. 

Naik-turun tangga juga membakar kalori sehingga membantu menurunkan berat badan. Bila di rumah Anda tidak ada tangga, Anda bisa gunakan kursi yang kokoh sebagai penggantinya.

Gym dengan Peralatan Rumah

Pixabay.com

Gym tidak selalu menggunakan alat yang berada di pusat kebugaran. Dengan alat-alat seadanya di rumah, Anda dapat melakukan gerakan layaknya di pusat kebugaran. Misalnya, lakukan push-up sambil menonton televisi atau menggunakan kaleng susu sebagai barbel.

Olahraga Plank

Photo by boaski on Flickr

Olahraga plank terkenal sebagai jenis latihan yang akan memperkuat otot perut. Cara melakukan plank juga mudah yaitu Anda harus melakukan posisi push up kemudian Anda tekuk lengan dan Anda taruh dilantai. Mulailah Anda menahan tubuh Anda kurang lebih minimal 30 detik. Latihan ini memang sangat menantang akan tetapi sangat bagus untuk membentuk tubuh. Dengan latihan ini selama 1 jam Anda bisa membakar sebanyak 350 kalori.

Gunakan Baju Berlapis

Photo by Tikkho Maciel on Unsplash

Jika Anda tetap olahraga saat musim hujan, sebaiknya selalu gunakan pakaian berlapis. Mulai dari baju bahan sintetis yang paling tipis dulu sampai yang paling tebal serta bisa menahan terpaan angin kencang dan air hujan.

Hindari baju olahraga yang berbahan katun karena bisa menyerap keringat. Sebab, baju yang basah oleh keringat akan membuat suhu tubuh menurun dan meningkatkan risiko hipotermia.

Hipotermia ditandai dengan masalah kemampuan berpikir dan bergerak mudah, menggigil, kelelahan, mengantuk, denyut nadi lambat dan lemah, serta kolaps atau tidak sadarkan diri.

Namun perhatikan juga berapa tebal lapisan baju Anda. Di sisi lain, berpakaian terlalu tebal bisa membuat Anda berkeringat lebih banyak sehingga membuat Anda semakin menggigil kedinginan. *** (SS)

SHARE