Makanan ini Ternyata Punya Kisah Aneh dan Unik | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Makanan ini Ternyata Punya Kisah Aneh dan Unik
Gading Perkasa | Relax

Jika boleh digambarkan, terdapat miliaran jenis makanan di dunia ini. Rasa yang dihasilkan dari tiap makanan bermacam-macam, entah manis, asin, asam, pahit, dan banyak lagi.

wikimedia commons

Jenis makanan pun berkembang seiring kemajuan zaman dan tak dapat dihindari karena orang-orang senantiasa tertarik mencoba hal baru. Selain kelezatannya, rupanya masih ada cerita di balik beberapa jenis makanan yang belum tentu Anda tahu. Simak ulasannya, seperti dikutip dari Tasty:

Cokelat Dijadikan Mata Uang
Berdasarkan laporan di jurnal Economic Anthropology, suku Maya pernah menggunakan cokelat sebagai mata uang.

Cokelat yang masuk kategori sebagai alat pembayaran ini bukanlah cokelat pada umumnya, melainkan biji kakao untuk membuat panganan dan minuman. Bahkan kabarnya, kekurangan cokelat bisa meruntuhkan dinasti legendaris pada saat itu.

Hawaiian pizza Ditemukan Warga Kanada
Kalau Anda beranggapan bahwa hawaiian pizza berasal dari Hawaii, Anda salah besar. Sebab, pizza dengan topping nanas ini ditemukan warga asal Kanada.

Sam Panopoulos, sang penemu adalah keturunan Yunani yang pindah ke Kanada pada usia 20 tahun. Di tahun 1962, ia kemudian berkreasi dengan menambahkan ham dan nanas sebagai topping.

Stroberi adalah Buah Hasil Turunan
Secara keilmuan botani, stroberi bukan termasuk kategori beri-berian. Melainkan hasil turunan bunga tunggal dengan lebih dari satu indung telur yang membuatnya menjadi sekumpulan buah.

Padahal, kelompok beri-berian adalah buah-buahan yang secara sederhana muncul dari satu bunga dan satu indung telur.

Pisang Masuk ke dalam Kelompok Beri-berian
Salah satu profesor ilmu tanaman di California University menyebut, pisang masuk ke dalam kategori beri-berian karena ada biji yang sangat kecil di bagian tengahnya.

Menurutnya, jika terdapat sejumlah biji pada buah-buahan dan berkembang dari satu bunga yang memiliki satu indung telur, buah tersebut masuk ke dalam kelompok beri-berian.

Cokelat Putih bukanlah Cokelat
Masih banyak orang berpikir cokelat putih masih masuk ke dalam keluarga cokelat. Faktanya tidak demikian. Pada proses pembuatannya, cokelat putih mengandung cocoa butter. Alhasil, secara teknis cokelat putih tidak memenuhi syarat sebagai cokelat.

Tiram Masih Hidup ketika Anda Santap
Buat yang suka mengonsumsi tiram, ternyata tiram yang Anda santap mentah-mentah itu masih dalam keadaan hidup. Fakta itu jauh lebih baik ketimbang Anda memakan tiram mentah yang sudah mati. Melansir The Huffington Post, tiram mati bisa menjadi sarang bakteri dan penuh akan penyakit.

Roti Tawar Iris Sempat Dilarang di Amerika
Pemerintah Amerika Serikat pernah melarang penjualan roti tawar iris di tahun 1943. Dikutip dari The Vintage News, keputusan itu diduga menjadi cara penghematan sumber daya yang menyusut selama perang, misalnya mengirit kertas minyak, baja, hingga gandum.

Namun, larangan tersebut menimbulkan masalah lain seperti peningkatan harga roti dan menuai protes dari warga Amerika Serikat. Akhirnya larangan itu dicabut. [GP]

SHARE