Memakai Shaving Cream saat Bercukur, ada Aturannya - Male Indonesia
Memakai Shaving Cream saat Bercukur, ada Aturannya
Gading Perkasa | Looks

Bercukur adalah rutinitas yang wajib dilakukan pria secara rutin, dan salah satu metodenya yaitu menggunakan shaving cream. Hal itu akan meminimalkan iritasi akibat gesekan pisau cukur dengan kulit di wajah.

Photo by Nick Demou from Pexels

Walau demikian, bercukur menggunakan shaving cream rupanya tidak boleh sembarangan. Butuh teknik dan metode tertentu demi menyempurnakan aktivitas bercukur. Ini lima tips cerdas menggunakan shaving cream:

Siapkan Mangkuk dan Sikat Cukur
Cara ini paling efektif saat bercukur dengan shaving cream, namun membutuhkan perlengkapan dan waktu cukup banyak. Siapkan sikat cukur dan mangkuk yang cukup besar untuk menampung busa dari krim cukur.

Dalam memilih mangkuk juga jangan sembarangan, karena Anda harus menyesuaikan kedalaman mangkuk dan busa yang akan muncul. Pilih mangkuk yang berbahan keramik agar dapat menjadi isolator panas saat Anda memproduksi busa dari shaving cream dengan air hangat.

Selanjutnya, rendam mangkuk dan sikat di air hangat sehingga lebih lembut dan lunak. Jangan lupa membuang air pada mangkuk usai direndam. Sisakan air untuk menciptakan busa.

Oleskan sedikit shaving cream ke dalam mangkuk hangat, putar satu arah dengan gerakan melingkar sampai busa muncul. Baru Anda oleskan busa dan sikat cukur ke wajah Anda.

Oleskan Krim pada Sikat tanpa Mangkuk
Jika Anda tidak punya mangkuk memadai untuk menciptakan busa, Anda bisa langsung mengoleskan shaving cream ke atas sikat cukur yang sudah direndam air hangat. Putar sikat cukurnya ke wajah Anda.

Jangan lupa basahi wajah terlebih dahulu agar busanya lebih mudah muncul. Cara ini cenderung lebih cepat dan bisa Anda terapkan saat terburu-buru atau bepergian yang mengharuskan membawa perlengkapan seadanya.

Sikat dan Telapak Tangan
Cara cerdas berikutnya adalah mengganti mangkuk cukur dengan telapak tangan. Rendam sikat cukur agar lebih lunak.

Kemudian, basahi tangan dan tuangkan shaving cream lalu aduk dengan sikat cukur sampai busa muncul. Anda dapat memberi sedikit air di ujung sikat cukur. Setelah cukup berbusa, oleskan ke wajah.

Oleskan Busa ke Telapak Tangan
Kalau Anda tidak punya sikat cukur dan mangkuk, gunakan telapak tangan Anda. Cuci muka terlebih dahulu agar lembap, lalu basahi tangan. Tuangkan shaving cream ke telapak tangan dan gosok perlahan untuk menciptakan busa.

Cara ini memang menghemat waktu dan tidak perlu repot menyiapkan peralatan, namun Anda cenderung membuang busa. Di samping itu Anda juga perlu membilas tangan saat akan mulai mencukur.

Oleskan Shaving Cream Langsung ke Wajah
Tidak perlu banyak alat, oleskan shaving cream langsung ke wajah. Cuci muka agar lembap, basahi tangan agar busa mudah terbentuk. Setelahnya, oleskan krim cukur ke dagu, gosok ke seluruh permukaan wajah yang akan dicukur.

Cara ini juga lebih cepat, tapi lagi-lagi Anda bakal kesulitan menggosok krim ke wajah dibandingkan telapak tangan atau mangkuk. [GP]

SHARE