Penyakit yang Rentan Menyerang Pria - Male Indonesia
Penyakit yang Rentan Menyerang Pria
MALE ID | Sex & Health

Pria rentan terkena penyakit berbahaya. Apalagi bagi yang hidup di kota-kota besar dengan tingkat polusi dan gaya hidup yang tidak sehat. Lebih parahnya, bukan penyakit yang ringan, melainkan penyakit-penyakit yang rentan menyerang pria adalah penyakit yang berbahaya.

penyakit berbahaya unsplash.com

Maka dari itu, jika tidak ingin dihinggapi penyakit berbahaya ini mulai sekarang lebih baik pria pun memerhatikan tingkat kesehatan pada diri sendiri. Mulailah melakukan pola hidup sehat dengan berolahraga dan mengonsumsi makanan-makan sehat. Lalu apa saja penyakit yang rentan mengganggu kesehatan pria?

1. Penyakit Jantung

Jantung adalah penyakit pertama yang paling sering menyerang pria. Sebuah penelitian menyebutkan wanita 10 tahun lebih lambat terkena serangan jantung dibanding pria.

Penyakit jantung bisa muncul dengan berbagai cara. Gejalanya bisa berbeda-beda pada setiap orang. Namun dari gejala tersebut, dapat menyebabkan masalah yang serius.

Komplikasi yang serius pun bisa terjadi jika penyakit ini tidak segera dideteksi lebih lanjut, salah satunya adalah stroke. Darah tinggi adalah penyebab utama dari stroke dan penyakit jantung.

2. Penyakit Pernafasan atau Paru-Paru

Selain jantung, pria rentan terkena panyakit pernafasan atau paru-paru. Bermacam-macam penyakit paru-paru bisa terjadi pada pria karena sebagian besar pria merupakan seorang perokok.

Faktor lain yang penting adalah riwayat keluarga, tingkat polusi udara dan ekspos terhadap radon atau asbes. Menurut American Lung Association, setiap tahunnya banyak pria yang terdiagnosis terkena kanker paru-paru karena memiliki riwayat merokok di masa lalunya.

Walaupun kanker paru-paru bisa terjadi karena beberapa faktor, namun merokok tetap menjadi salah satu penyebab utama.

3. Penyakit Organ Hati

Menurut American Cancer Society, alkohol dan tembakau dapat meningkatkan risiko pria terkena penyakit pada organ hati. Beberapa penyakit organ hati yang paling sering terjadi pada pria adalah sirosis, hepatitis, sumbatan pada saluran empedu, atau kanker hati dan beberapa penyakit hati lainnya.

4. Kanker Kulit

Seringnya terkena paparan sinar matahari dibandingkan wanita, menurut Skin Cancer Foundation, pria berrisiko tertinggi untuk terkena kanker kulit dua kali lipat. The Center for Disease Control and Prevention merekomendasikan untuk mengenakan baju lengan panjang dan celana panjang, topi, kacamata hitam, dan tabir surya ketika sedang berada di luar rumah.

5. Kanker Prostat

Kanker prostat adalah pembunuh terbesar pria setelah kanker paru-paru. Mendeteksi kanker prostat pada tahap awal ini cukup menantang karena tidak ada gejala penyakit sampai menyebar ke bagian lain dari tubuh.

Pria yang banyak mengkonsumsi daging merah dan prosuk susu tinggi lemak tanpa termasuk buah-buahan segar dan sayuran yang cukup, rentan terhadap jenis kanker. **

SHARE