Candil, Bicara Musik Era Digital, Cinta dan Seks - Male Indonesia
Candil, Bicara Musik Era Digital, Cinta dan Seks
Sopan Sopian | News

Lama tak terlihat di layar kaca, Dian Dipa Chandra atau lebih dikenal dengan nama Candil kini memilih untuk solo karier semejak Seurieus tak lagi aktif. Dan "Tak Terasa" menjadi lagu barunya untuk soundtrack film web series "Knock Out Girl".

Photo by Sopian/Male.co.id

Lagu "Tak Terasa" bercerita mengenai seseorang yang tidak sadar kehilangan orang begitu dia pergi. Dan di dalam lagu terbarunya itu, Candil berkolaborasi dengan seorang rapper sekaligus YouTuber bernama Eitaro. Candil menuturkan, proses kreatif menciptakan lagu "Tak Terasa" hanya membutuhkan satu hari. 

Kendati terasa singkat, namun menurut pemilik suara melengking itu cukup memakan waktu dalam proses rekamannya. Sebab, ini merupakan kali pertama Candil bekerjansama dengan produser musik hip hop.

"Cuma yang agak lama pas proses rekamannya. Karena ini pertama kalinya saya kerjasama dengan produser hip-hop. Jadi dia rombak lagi lagunya, dia lebih tahulah unsur hip-hop kayak gimana, baru saya rekaman lagi," kata Candil.

Candil juga bercerita sebelum dirinya memilih berkolaborasi dengan Eitaro. Awalnya ia mencoba mengambil part rap, tapi hasilnya membuatnya kurang puas. "Karena saya pas pertama itu udah masukin rapp sendiri, sok-sokan nge-rapp tapi pas dibikin sama Eitaro beda. Kalau dinyanyiin sama rapper beneran beda ternyata," paparnya. 

Photo by Sopian/Male.co.id

Dalam kesempatan yang sama, pemain film 'Selendang Rocker' ini mengatakan bahwa ke depannya, ia sudah memiliki proyek dalam bermusik. "Saya sama dia bakal ada proyek lain lagi. Masih ada banyak ide buat single segala macam yang belum saya realisasikan," ucap pria asal Bandung itu.

Candil juga mengakui, bahwa strategi bermusik di era digital masih belum ia kuasai. Sehingga selama ini, selain tetap bermusik, ia lebih banyak memikirkan strateginya bagaimana memperkenalkan musik yang ia racik.

"Secara saya orangnya old school ya. Jadi saya banyak mikir di strateginya sekarang buat proyek ke depan, yang sekarang berkolaborasi dengan Eitaro. Dia kan rapper dan YouTuber juga, saya belajar sama dia," terangnya.

Candil mengaku, sebenarnya ia telah menekuni dunia digital untuk bermusik, sudah dua tahun lamanya. Namun masih belum memiliki titik fokus apa yang akan ditunjukan. "Masih campur, ada musik, dan lain-lain. Sebenarnya banyak kontan, cuma karena kita nggak seperti mereka (YouTuber) ya, jadi hari-hari kayak biasa saja," kelakar Candil.

Cinta dan Seks

Photo by Sopian/Male.co.id

Cinta dan seks tak dipungkiri memiliki keeratan yang tak terpisahkan. Hal itu juga disetujui oleh Candil. Namun, menurutnya menunjukan rasa cinta tidak harus dengan seks. Tetapi dengan komunikasi dan perhatian.

Karena menurutnya, fase itu akan berubah ketika sudah berkomitmen. Sisi roamtis tak perlu melulu dengan seksual. "Bagi yang jarang bertemu dengan pasangan seperti saya, Versi saya, romantisme itu lebih banyak ngobrolnya. Jadi momennya itu di ngobrol," tutur pria berambut keriting itu.

Karena jarang ketemu itu, kata Candil, membuat dirinya merasa rindu dengan pasangan, sehingga sekali bertemu, seperti orang muda yang awal-awal ketemu pacar. Panjang obrolan yang diceritakan. 

"Selipin bercanda sesekali. Terus pas lagi kangen-kangennya, suka dibuat sedikit lebay. Kaya pengen ngasih bunga ah. Itu romantis menurut saya," tandasnya. *** (SS)

SHARE