Kerja Bidang Kreatif Tapi Tidak Nyaman, Apa Sebab? | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Kerja Bidang Kreatif Tapi Tidak Nyaman, Apa Sebab?
Gading Perkasa | Works

Industri kreatif sedang booming beberapa tahun belakangan. Seakan punya daya tarik sendiri, terlebih generasi milenial. Industri ini mencakup periklanan, media, seni pertunjukan, film, musik, fashion, kuliner, dan sebagainya.

dunia kreatif - male indonesia
Photo by Tim Mossholder on Unsplash

Secara sederhana, pekerja di industri kreatif menciptakan sesuatu yang inovatif dengan kreativitas mereka. Bukan menjalankan tugas mengikuti aturan yang ketat, pekerja kreatif bebas mengekspresikan ide-ide karena hasilnya berupa karya.

Meski terdengar menyenangkan, pekerja di industri kreatif juga memiliki kecenderungan pindah dari satu perusahaan ke perusahaan lain. Apa yang menyebabkan mereka tidak menetap di satu tempat dan resign?

Lingkungan Kerja tak Sehat
Lingkungan kerja yang kondusif pastinya membuat pekerja nyaman dan kompetitif. Begitu juga persaingan dalam pekerjaan yang lumrah terjadi.

Jika iklim lingkungan kerja dan persaingan tidak sehat, tentu pekerja merasa tidak nyaman. Apalagi, sebagai pekerja kreatif dibutuhkan lingkungan kerja kondusif agar ide-ide bagus muncul dan produktivitas meningkat.

Tidak usah pekerja kreatif, pekerja non-kreatif pun akan langsung menyebar CV jika lingkungan kerja mulai tidak sehat.

Pekerjaan Membosankan
Pekerja kreatif tidak pernah berhenti menciptakan ide baru. Mereka sangat menyukai tantangan. Sebab, dengan melewati tantangan, mereka dapat mengasah kemampuan.

Apabila mereka harus menghadapi pekerjaan yang monoton, mereka akan cepat bosan. Hal tersebut yang membuat mereka ingin pindah ke perusahaan lainnya untuk mencari tantangan baru.

Terlalu Banyak Aturan
Bukan berarti pekerja kreatif enggan diatur, namun banyaknya aturan di sebuah perusahaan mengakibatkan ide mereka terbatasi. Karena merasa terkekang, kreativitas mereka juga tidak berkembang.

Pekerja kreatif cenderung suka kebebasan. Kalau dikekang, mereka tak segan mencari perusahaan baru. Selama aturan yang dibuat tidak membatasi kreativitas, mereka kreatif akan nyaman saja di perusahaan tersebut.

Visi Berbeda
Apa jadinya jika sebagai pegawai Anda punya visi yang berbeda dengan perusahaan? Tentu Anda akan selalu resah. Anda ingin perusahaan ke arah sini, sedangkan perusahaan memilih arah lainnya agar terus maju.

Terlebih, pekerja kreatif cenderung memiliki idealisme sendiri terhadap pekerjaan yang dijalankannya. Bila idealisme ditentang perusahaan, mereka bakal mencari perusahaan lain yang memiliki visi sama.

Kurang Apresiasi
Beda perusahaan, beda pula kebudayaan di dalamnya. Sebagian perusahaan sangat memperhatikan kesejahteraan pekerja, ada pula yang tidak.

Sebagai pekerja kreatif, apresiasi dirasa sangat penting untuk menambah semangat. Sebab, mereka menghasilkan sebuah karya dalam setiap pekerjaannya.

Anda pun pasti kecewa ketika apa yang telah Anda hasilkan secara maksimal tidak dihargai. Ditambah inovasi Anda telah memajukan perusahaan. Minim apresiasi dari perusahaan, pekerja kreatif tak akan segan undur diri. [GP]

SHARE