Fakta unik Terciptanya Patung Tertinggi di Dunia - Male Indonesia
Fakta unik Terciptanya Patung Tertinggi di Dunia
MALE ID | Relax

The Spring Temple Buddha di Tiongkok masih menjadi salah satu patung tertinggi di dunia. Namun sayangnya kini sudah tidak lagi. Karena ketika Anda mengunjungi India. Anda akan menemukan patung tertinggi di dunia yang baru.

Photo by Egyptian on Wikipedia

Artinya ketika Anda liburan ke India, Anda bisa melihat patung tertinggi di dunia saat ini. Patung itu bernama Statue of Unity. Patung ini diresmikan pada Oktober 2018 lalu. Memiliki tinggi 182 meter. Lalu fakta menarik apa saja dari patung tertinggi di dunia ini?

Simbol Kecakapan Teknik "Negeri Anak Benua"
Statue of Unity dipersembahkan bagi pahlawan kemerdekaan Sardar Vallabhbhai Patel, yang didirikan di negara bagian Gujarat. Pesawat angkatan udara terbang, helikopter menaburkan bunga di atas patung dan kembang api berwarna hijau, oranye, dan putih menghiasi angkasa. Statue of Unity itu dianggap sebagai simbol kecakapan teknik "Negeri Anak Benua".

Pembangunan Memakan Waktu 4 Tahun
Melansir laman Telegraph, Statue of Unity dibangun dengan biaya sekitar 400 juta dolar Amerika atau setara Rp 6 triliun dan membutuhkan waktu sekitar 4 tahun. Agar terlihat mirip dengan tokoh aslinya, pematung Ram V Sutar berkonsultasi dengan sejarawan dan juga orang-orang yang pernah bertemu Sardar Patel dengan mencocokkan sekitar 2 ribu gambarnya.

Patung tersebut dibuat dari sekitar 1.700 ton perunggu, 18.500 baja, dan 6.500 baja terstruktur. Sedangkan konstruksi utamanya dibangun dari 180 ribu meter kubik beton.

Patung yang Sangat Kokoh
Dibangun oleh Perusahaan Multinasional Larsen dan Toubro di India, patung ini dirancang untuk menahan angin sekitar 180 knots/jam. Kecepatan angin tersebut layaknya badai kategori 3 dan juga gempa bumi berkekuatan 6,5 magnitudo. 

Menjadi Daya Tarik Wisata di India
Statue of Unity diharapkan menjadi salah satu daya tarik di daerah Gujarat, India. Bagi wisatawan yang berminat ke sana akan dikenakan tiket masuk sebesar 350 rupee atau sekitar Rp 70 ribu untuk menjelajahi patung sampai ketinggian 153 meter. Para pengunjung dapat melihat pemandangan daerah sekitar dan juga perbukitan. 

Sementara itu, pemerintah negara bagian Gujarat juga sedang membangun jalan raya sepanjang dua mil atau sekitar 3 km bagi wisatawan untuk mencapai patung dari kota terdekat, yaitu Kevadia. Untuk sekarang, bagi kamu yang ingin ke Statue of Unity dapat dicapai menggunakan perahu dengan melintasi Waduk Sardar Sarovar. Di daerah tersebut juga akan dibangun Helipad untuk memudahkan wisatawan yang ingin berkunjung. *** (SS)

SHARE