Baterai Fluoride, Lebih Tangguh dan Tahan Lama - Male Indonesia
Baterai Fluoride, Lebih Tangguh dan Tahan Lama
MALE ID | Digital Life

Mendengar kata fluoride, akan langsung terbayang sebuah pasta gigi. Pasalnya, fluoride memang sudah jamak digunakan dalam berbagai produk pasta gigi. Fungsinya untuk mengembalikan mineral di gigi yang hilang akibat asam.

Baterai Fluoride - male Indonesiapexels.com

Namun belakangan ini, sejumlah peneliti berhasil menemukan cara untuk mengimplementasikan fluoride ke baterai. Baterai berbahan fluoride ini diharapkan memiliki masa pakai yang lebih lama ketimbang baterai lithium yang sekarang ini banyak digunakan.

Ya, seperti diketahui, bahwa baterai menjadi salah satu komponen penting dalam perangkat ponsel atau laptop. Dilansir dari laman TheWeek, berkat baterai fluoride, ponsel dapat bertahan dalam waktu beberapa minggu dengan sekali pengisian daya.

Para peneliti dari California Institute of Technology dan NASA Jet Propulsion Laboratory (JPL), menemukan cara baru untuk membuat baterai yang dapat mengemas lebih banyak muatan. Fokus mereka terhadap baterai fluoride yang sudah melampaui versi lithium-ion yang lebih populer saat ini.

"Baterai Fluoride dapat memiliki kepadatan energi yang lebih tinggi, yang berarti bahwa mereka dapat bertahan lebih lama hingga delapan kali lebih lama daripada baterai yang digunakan saat ini," kata Robert Grubbs, seorang profesor di California Institute of Technology.

Ide menggunakan fluoride sebenarnya sudah ada sejak beberapa dekade lalu. Sayangnya ide ini sangat sulit untuk dilakukan. Karena kala itu, peneliti yang berusaha untuk membuat baterai fluoride yang dapat diisi ulang menggunakan komponen padat dan cair, tak mendapatkan suhu yang sangat tinggi sehingga belum dapat digunakan dalam perangkat sehari-hari.

Hal itu menjadi cukup menarik bagi para ilmuwan untuk terus melakukan penelitian. "Kami masih dalam tahap awal pengembangan,” kata Simon Jones, seorang ahli kimia di JPL.

Victoria Davis dari University of North Carolina menemukan pelarut yang baik untuk digunakan dengan fluoride. Pelarut ini adalah apa yang membantu menjaga ion fluoride stabil sehingga dapat mengalirkan elektron ke dalam baterai.

Pelarut ini dikenal sebagai bis (2,2,2-trifluoroethyl) ether, atau BTFE, dan telah berhasil menjaga ion fluoride stabil, yang mengarah ke prototipe yang sukses dan membuat teknologi baterai ini akan berkembang. *** (SS)

SHARE