Aquaman, Perjuangan Menjadi Raja Atlantis - Male Indonesia
Aquaman, Perjuangan Menjadi Raja Atlantis
Sopan Sopian | Review

Setelah tampil di Justice League bersama Batman, Superman, Wonder Women, The Flash, dan Cyborg, Aquaman salah satu pahlawan Super DC Comics akhirnya berkesempatan muncul dalam film feature solonya.

Untuk mensukseskan film solo Aquaman, Warner Bros. dan DC Entertainment mendapuk James Wan, yang dikenal sebagai spesialis film horor. Di jajaran cast sendjri, Aquaman dibintangi oleh bintang-bintang ternama seperti Jason Momoa, Amber Heard, Willem Dafoe, dan Patrick Wilson.

Film Aquaman sendiri menjadi andalah DC setelah sukses 'Wonder Woman' beberapa waktu lalu. Film ini menyuguhkan fantasi bawah laut yang luar biasa. Sehingga menjadi pengalaman menonton yang berbeda.

Ringkasan
Film Aquaman dibuka dengan narasi dari Aquaman akan masa silamnya. Di mana pada suatu malam yang dilanda badai, seorang pria penjaga mercusuar (Temura Morrison) yang menemukan Atlanna (Nicole Kidman), putri kerajaan Atlantis yang terdampar di tepi pantai karena terluka.

Setelah kejadian itu, keduanya kemudian menjalin cinta yang seharusnya tidak terjadi. Hasil dari cinta itu, lahirlah seorang anak berdarah campuran, setengah darah manusia, setengah darah Atlantis, bernama Arthur Curry (Jason Momoa) yang kemudian dijuluki sebagai Aquaman, pewaris tahta kerjaan Atlantis.

Suatu kejadian dan untuk sebuah alasan, Atlanna terpaksa meninggalkan Arthur kecil untuk kembali ke Atlantis. Kemduian, Arthur mulai menyadari dirinya bukan seorang manusia biasa saat berada di bangku sekolah. Ia mampu berbicara dengan hewan laut.

Sejak masa pertumbuhannya, Arthur mendapatkan wejangan untuk dipersiapkan sebagai raja oleh orang kepercayaan Atlanna, yaitu Vulko (William Defoe). Selama hidupnya hingga dewasa, Arthur tidak mengetahui, bahwa ia memiliki saudara tiri bernama Orm (Patrick Wilson) yang berambisi menjadi raja Atlantis.

Raja Orm yang membenci manusia dan mengetahui Arthur adalah salah yang bisa menggeser posisinya untuk menjadi raja, ia berusaha membujuk kerajaan-kerajaan bawah laut untuk bersatu dan melakukan perang dengan orang-orang (manusia) di daratan.

Mera (Amber Heard), Putri Nereus (raja yang menyetujui rencana Orm), yang juga tunangan Orm, tidak setuju dengan hal itu. Mera dan Vulko berencana membawa Arthur ke dasar laut untuk meredam niat Orm. 

Mera pun harus pergi ke daratan untuk menemui Arthur. Sayangnya, Mera harus gigit jari, karena Arthur yang slengean, ia tak ingin menjadi seorang raja. Ia ingin hidup bebeas di daratan untuk membantu manusia dengan caranya sendiri. 

Namun, pikiran Arthur berubah setelah sebuah badai yang dikirimkan Orm nyaris menewaskan ayahnya. Ia pun akhirnya mengikuti Mera ke dasar laut. Namun, sayangnya. Orm terlalu kuat untuk Arthur. 

Di tambah lagi, Arthur juga tak menyadari ada Black Manta (Yahya Abdul-Mateen II), yang memiliki dendam pribadi dengannya dan bekerjasama dengan Orm. Lalu bagaimana cara Arthur dapat meredam dan mengalahkan Orm, apalagi ia di darat dan laut memiliki musuh?

Highlight
Film Aquaman berdurasi 2,5 jam yang membuat penonton cukup puas untuk menyaksikan alur ceritanya. Karena James Wan menyuguhkan alur cerita yang tidak buru-buru, runut dan tak membosankan. ditambah visualisasi bawah laut yang luar biasa.

James Wan patut mendapatkan pujian untuk itu, karena ia benar-benar memperlihatkan kota Atlantis hidup di bawah laut dengan menggabungkan peradaban kuno dan teknologi-teknologi mutakhir.

Tidak hanya itu, James Wan yang memang master dalam urusan horor juga berhasil memunculkan suasana mencekam, ketika Mera dan Arthur menyelam ke dasar laut untuk mencari Trisula. 

Sebagai film pahlawan, tentu tidak lepas dari aksi pertarungan, aksi-aksi juga tak kalah menjadi perhatian. James Wan seperti detil juga dalam urusan pertarungan. Berbagai sudut dekat dan jauh diambilnya. Sehingga pertarungan terlihat sengit dan menegangkan. Apalagi dilakukan di dalam laut.

Jason Momoa berhasil memerankan Aquaman, hal itu sudah tak terbantahkan sejah film Justice League. Namun di film ini, karakter Aquaman lebih detil, bagaimana ia slengean, ingin bebas, percaya diri, dan keras kepala. 

Yang menjadi perhatian adalah Amber Heard sebagai Ratu Mera. Parasnya yang cantik dengan kemolekan tubuhnya membuat perhatian lebih terhadapnya. Amber berhasil membuat suasana menjadi hidup saat berada bersama Aquaman. Humor menggelitik kerap terbangun di sana. 

Film Aquaman juga menyuguhkan petualan di darat yang spektakuler. Karena Anda akan dibawa ke beberapa negara. Mulai dari gurun pasir hingga Italia. Sehingga Anda tidak hanya berkutat pada satu kota saja seperti pada film-film superhero lainnya. 

Di luar itu semua, untuk bisa merasakan bagaimana spektakulernya visual efek, petualangan, dan aksi heroik Momoa, rasanya Anda benar-benar harus menonton film Aquaman secara langsung. *** (SS)


 

SHARE