Ini Kiat Memakai Jas Tanpa Mengikatkan Dasi - Male Indonesia
Ini Kiat Memakai Jas Tanpa Mengikatkan Dasi
MALE ID | Looks

Mengenakan jas dengan dasi memang terlihat lebih formal dan lebih berwibawa. Namun tak sedikit pula merasa, dengan mengenakan dasi terkadang merasa panas. Sebenarnya haruskah Anda mengenakan jas tanpa dasi?

Photo by Gregory Hayes on Unsplash

Secara umum atas pertanyaan jas tanpa dasi adalah tidak. Karena setelan tradisional dalam urusan formal tak lepas dari dasi. Karena dasi sudah terkait dengan celana, jas, dan kemeja. Kemeja dan dasi saja tidak terlihat bagus tanpa jas.

Memakai dasi dengan setelan jas merupakan keharusan untuk semua acara dan lingkungan profesional dan formal. Berpenampilan berbeda ke tempat di mana orang lain mengenakan dasi akan membuat Anda terlihat agak bodoh. Lalu bagaimana jika ingin memakai jas tanpa dasi?

Kemeja dan Jas yang Pas dengan Badan
Memiliki ukuran kemeja dan jas yang pas adalah kunci. Artinya ketika Anda tidak ingin mengenakan dasi, jangan sesekali mengenakan kemaja dan jas yang biasanya khusus untuk dipasangkan dengan dasi. Carilah pakaian yang pas dengan ukuran badan Anda. 

Kenakan Setelah yang Lebih Kasual (Non-Bisnis)
Mengenakan setelah tanpa dasi dengan pakaian bisnis atau formal, terstruktur, konservatif, berwarna gelap, Anda bisa ditertawakan. Karena Anda terlihat bodoh dengan setelan yang tidak lengkap.

Ketika Anda tidak ingin mengenakan dasi, pakailah setelah yang lebih kasual. Pikirkan warna yang lebih santai atau lebih terang, kurang terstruktur, dan lekuk yang lebih raping (fit).

Kenakan Kemeja yang Kurang Formal
Pilihan baju Anda akan menjadi fokus yang lebih besar karena tidak adanya dasi, dan kemeja yang lebih kasual menyatakan bahwa ketiadaan ini adalah pilihan yang disengaja. Anda bisa mengenakan Oxford klasik, kemeja denim, atau kain bermotif.

Perhatikan Kerah
Kerah kemeja baju Anda berfungsi sebagai bingkai penting dan menyanjung bagi wajah Anda. Biasanya kemeja yang memiliki kerang lebar untuk mengaitkan dasi. Jadi jangan memakai baju di mana kerah yang menyebar secara berlebihan dan berbaring secara horizontal. 

Sebaliknya, kenakanlah pakaian yang memiliki kerah berdiri sedikit dan cukup lurus dan menjaga orientasi vertikal yang bagus. Untuk mencapai ini, pastikan pakaian Anda disetrika dengan baik.

Perhatikan Sepatu
Tanpa dasi yang berfungsi sebagai titik fokus di atas tubuh Anda, lebih banyak perhatian akan diberikan pada detail lain dari pakaian Anda, yakni salah satunya adalah sepatu. Jadi Anda harus memastikan sepatu Anda terlihat keren dan kasual. *** (SS)

SHARE