Alasan Mengapa Olahraga Berkelompok Lebih Efektif - Male Indonesia
Alasan Mengapa Olahraga Berkelompok Lebih Efektif
MALE ID | Sport & Hobby

Tahukan Anda, dengan olahraga berkelompok ternyata mampu meningkatkan motivasi seseorang untuk lebih rajin dan lebih semangat berolahraga. Olahraga berkelompok bisa juga dengan mengikuti kelas-kelas olahraga maupun bersama dengan teman-teman.

Photo by Fancycrave on Unsplash

Penelitian yang dilakukan University New England College of Osteopathic Medicine menunjukkan bahwa memiliki teman selama berolahraga membuat seseorang mampu mengeluarkan keringat lebih banyak. 

Hal ini karena dengan hadirnya orang lain atau anggota kelompok olahraga, seseorang akan lebih termotivasi untuk mencapai batas tertentu, sehingga kekuatan dan kesehatan fisik menjadi lebih baik.

Tidak berhenti di sana, semangat yang disebarkan oleh anggota kelompok olahraga mampu menciptakan perasaan senang sehingga stres dan tekanan akan berkurang. 

Selaras dengan hal tersebut, instruktur zumba dan owner Sana Studio Laila Munaf juga menuturkan bahwa, jika rasa malas melanda untuk berolahraga, tidak ada semangat, datang ke group classes. Karena di sana, seringkali dapat suntikan semangat.

Lebih lanjut, kata Laila, saat melakukan olahraga berkelompok, eseorang bisa melihat orang-orang lain begitu bersemangat melakukan aktivitas tersebut. 

“Semangat seseorang akan terbangun karena mendapatkan energi positif dari sekitarnya. Apalagi, pada beberapa kelas kita juga dilarang menggunakan ponsel saat sesi olahraga. Hal itu membuat olahraga kita juga lebih efektif,” ucapnya.

Namun, kesenangan dalam berolahraga menurutnya kembali pada masing-masing individu. Beberapa orang mungkin lebih suka berolahraga sendiri, misalnya lari atau pergi ke pusat kebugaran. Jika ingin mengetahui pola olahraga seperti apa yang paling cocok, Laila menyarankan kita untuk mencobanya terlebih dahulu.

"Kita enggak akan tahu kalau kita tidak coba. Jadi kalau mau tahu, coba kamu olahraga misalnya lari sendiri dan lari ada temannya. Rasanya akan beda banget," kata Laila.

Studi lain tentang efektivitas olahraga berkelompok juga termaktub dalam Journal of Social Science dan studi pada jurnal Obesity di 2016. Menurut studi tersebut, orang-orang yang mengalami obesitas cenderung lebih mudah menurunkan berat badan ketika berolahraga secara berkelompok. 

Meski secara intensitas olahraga sendiri maupun berkelompok tak memiliki perbedaan, namun kebahagiaan bersama dengan orang lain seringkali membuat orang lebih menikmati sesi olahraga yang dijalankan. *** (SS)

SHARE