Akhir Pekan Berkualitas, Anda Harus Lakukan Ini | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Akhir Pekan Berkualitas, Anda Harus Lakukan Ini
Sopan Sopian | Relax

Merencanakan akhir pekan terdengar mudah. Tapi tidak semua orang bisa merencanakan akhir pekan mereka dengan baik. Karena, bisa saja apa yang sudah direnakan gagal begitu saja karena deadline dadakan, atau justru bingung apa yang ingin di lakukan ketika akhir pekan.

doc. Male.co.id

Ernest Hemingway seorang novelis, pengarang cerita pendek, dan wartawan Amerika kerap menulis soal merencanakan akhir pekan ketika ia sedang mengerjakan manuskrip sebuah buku tentang safari di Afrika. Hal itu dikatakan penulis Biografi Hemingwar, Calos Baker dalam laman artofmanliness.

Calos Baker menuturkan lagi bahwa Hemingway benar-bear menuliskan daftar apa yang ia inginkan, daftar itu kemudian menjadi jimat lisan untuk membantunya mencapai tujuan. "waktu yang baik harus diatur dan tidak dibiarkan pada ketidakpastian," tutur Hemingway yang ditulis ulang oleh Hotchner, Teman Hemingway.

Rencanakan Good Times
Hemingway menginginkan kehidupan yang penuh dengan kegembiraan, drama, dan ketertarikan nyata, dan memahami bahwa kualitas itu tidak akan terjadi begitu saja, hal itu harus direncanakan dan diciptakan dengan sengaja.

Maka tidak sedikit, orang-orang pergi di akhir pekan tanpa perencanaan dan tidak tahu apa yang ingin mereka lakukan dengan akhir pekan itu, berakhir hanya di sekitar rumah, menonton televisi, dan pada akhirnya membenci hari senin.

Begitu juga mereka yang pergi liburan tanpa rencana dan tidak tahu apa yang ingin di lakukan di tempat liburan itu, akan memiliki efek sama, di mana malas menghadapi hari senin. 

Merencanakan akhir pekan tidak harus direncanakan setiap minggunya terus menerus. Anda hanya perlu mencatat apa yang ingin Anda lakukan kemudian rencanakan akhir pekan Anda. Jika terlalu kaku tiap minggunya, berarti Anda mengesampingkan fleksibilitas, di mana Anda tidak dapat mengubah rencana jika sewaktu-waktu ada kendala. 

Merencanakan waktu luang Anda juga sesederhana menghabiskan 20 menit setiap malam Anda, melihat-lihat situs perjalanan atau buku, dan memutuskan beberapa kegiatan yang ingin Anda lakukan keesokan harinya. Dengan cara itu di pagi hari, Anda siap beraktivitas dengan semangat.

Selain itu, penting juga untuk membuat daftar semua hal yang Anda sukai, seperti yang dilakukan Hemingway, di mana ia kerap menuliskan apa yang disukainya. Kemudian, ia memikirkan cara mendapatkan lebih banyak yang dicatatnya, kemudian membuat rencana untuk mewujudkannya.

Jadi, jangan biarkan masa indah di depan mata Anda hanya sebuah angan-angan saja. Maka, seperti yang dikatakan Hemingway, "Saya tidak pernah menyesali apa pun yang pernah saya lakukan, hanya menyesali hal-hal yang tidak saya lakukan". *** (SS)

SHARE