Desain Sporty & Klasik Produk Keluaran Triumph - Male Indonesia
Desain Sporty & Klasik Produk Keluaran Triumph
MALE ID | Sport & Hobby

Pabrikan Triumph yang dikenal sering melahirkan motor bergaya klasik kembali memunculkan produk baru. Dalam sebuah acara eksklusif di Paris, Prancis awal Desember 2018 lalu, mereka mengenalkan Triumph Speed Twin 2019 dengan tampilan sporty.

Triumph Motorcycles

Sebagaimana dilansir dari Visordown, knalpot ganda yang bertengger di kedua sisi Triumph Speed Twin 2019 terbungkus kelir hitam, leher dan ujung dengan visual baja mengilap.

Panel instrumennya adalah kombinasi dari analog dan digital, yang memberitahukan pengendara segala informasi terkait motor.

Justru sektor jeroan yang banyak diubah, salah satunya jantung mekanis. Triumph Speed Twin 2019 mengusung mesin kembar pararel dengan ruang pembakaran berkapasitas 1.200 cc, 8 katup, seperti yang digunakan pada Bobber, Bobber Black dan Thruxton.

Walau begitu, model 2019 mendapatkan pengubahan konfigurasi melalui penyematan poros engkol low-inertia dan kepala berkompresi tinggi.

Tujuannya, agar motor bermesin 97,6 x 80 mm ini menghasilkan torsi di angka 112,5 Nm @ 4.950 Rpm dan tenaga puncak sebesar 96 HP @ 6.750 Rpm. Pabrikan Triumph mengklaim grafik tenaganya meningkat. Emisi gas buang yang dihasilkan mesin juga sudah sesuai standar Euro 4.

Keseluruhan tenaga ditransfer ke roda melalui sistem transmisi 6 percepatan dengan kopling torque-assist. Pengendara diberikan kemudahan melaju di berbagai kondisi jalan lewat 3 mode: Sport, Road dan Rain. Keseruan dan keamanan Speed Twin didukung adanya kontrol traksi yang bisa dihidupkan ataupun dimatikan.

Speed Twin 2019 dibuat lebih ringan 10 kg dibanding Truxton, yang punya gaya tak jauh berbeda. Mayoritas pengurangan bobot berasal dari penggunaan penutup cam magnesium, pemangkasan penutup mesin lainnya dan kopling yang direvisi. Tentunya hal ini memengaruhi pengendalian motor menjadi semakin lincah.

Di sektor kaki-kaki, disematkan KYB 41 mm untuk roda depan. Suspensi ini tak bisa disetel, tapi dilengkapi cartridge damper internal.

Sedangkan bagian belakang menggunakan suspensi KYB ganda dengan pengaturan spring-preload dipadu swingarm berbahan aluminium. Penggunaannya bertujuan mempertahankan visual klasik, sekaligus memberikan kenyamanan berkendara.

Sektor pengeremannya diperkuat dual cakram Brembo 305 mm di depan dan cakram tunggal Nissin 220 mm di belakang. Tak ketinggalan fitur anti-lock braking system (ABS) sudah menjadi standar.

Triumph Speed Twin 2019 dibekali velg aluminium 17 inci yang dibungkus ban Pirelli Rosso Corsa 3. Sayangnya, harga resminya belum diumumkan. Kabarnya pihak pabrikan akan mengumumkannya pada pertengahan Februari 2019. [GP]

SHARE