Caipirinha, Sajian Cocktail Khas Negeri Samba - Male Indonesia
Caipirinha, Sajian Cocktail Khas Negeri Samba
MALE ID | Relax

Jika Anda sedang liburan berdua di Brasil dan menikmati eksotisnya Pantai Copacabana Rio de Janeiro, rasanya tidak lengkap jika belum mencicipi sajian cocktail khasnya. Salah satu cocktail yang cukup populer yaitu caipirinha.

Wine Dharma/flickr

Bahkan di Pantai Copacabana, caipirinha sangat mudah ditemukan. Sebab, para pedangang banyak menjajakan sajian cocktail tersebut dalam kemasan gelas air mineral. Harganya pun relatif terjangkau, sekitar lima real atau 19 ribu rupiah.

Orang-orang yang telah mencobanya menyebut rasa caipirinha segar dan terasa sedikit berat di kepala. Hal itu cukup wajar, mengingat sajian cocktail ini punya kandungan alkohol meski tidak banyak.

Bahan utama caipirinha terdiri dari campuran rum, air tebu dan jeruk lemon. Lalu, ditambahkan es batu sebagai pelengkap untuk diminum di pantai yang identik dengan cuaca panas.

Pada awalnya, caipirinha terbuat dari cachaca, yakni campuran antara air tebu yang didistilasi. Dari proses fermentasi jus tebu, diperoleh alkohol.

Dilihat dari sejarahnya, caipirinha sebenarnya dulu merupakan campuran minuman yang dibuat menjadi obat. Lemon dicampur bawang serta madu, fungsinya sebagai obat pereda flu Spanyol. Campuran obat itu kini masih digunakan orang-orang Brasil guna menyembuhkan demam secara tradisional.

Hanya saja, setelah bawang dan madu dihilangkan, caipirinha berubah menjadi minuman populer. Gula ditambahkan untuk sedikit mengurangi asam dari lemon.

“Es ditambahkan sebagai pelengkap caipirinha di saat cuaca panas. Dan biasanya minuman ini jadi sangat populer di pantai-pantai,” ujar Carlos Lima, Direktur Eksekutif IBRAC (Insitut Cachaca Brasil).

Bukan cuma kawasan pantai, Anda juga dapat mencicipi kelezatan caipirinha dengan mudah di tiap restoran, kafe dan bar yang berada di Negeri Samba tersebut.

Kini banyak pula ditemukan berbagai modifikasi caipirinha, salah satunya caipiroska. Bedanya adalah, caipiroska tidak menggunakan cachaca, melainkan vodka sebagai bahan utamanya.

Khusus di Copacabana, pasangan caipirinha adalah sate udang panggang. Sate dengan empat udang itu dibanderol sekitar lima real. Jika ditotal, 10 real atau setara 37 ribu rupiah sudah cukup untuk wisata kuliner sembari menikmati Copacabana yang eksotis bersama pasangan. [GP]

SHARE