Pulau Moyo, Pulau Kecil yang Asik Buat Rileks - Male Indonesia
Pulau Moyo, Pulau Kecil yang Asik Buat Rileks
MALE ID | Relax

Selama ini, mungkin hanya mengenal Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa saja yang paling ikonik di Nusa Tenggara Barat (NTB), tapi rupanya ada satu pulau yang bisa Anda kunjungi untuk mengisi waktu liburan Anda. Pulau itu adalah Pulau Moyo yang bisa menjadi pilihan destinasi berliburan Anda.

Photo by Katiebowl on Wikipedia

Terletak di sebelah utara Pulau Sumbawa, Pulau Moyo masih tergabung dalam kepulauan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Pulau Moyo yang berada di Teluk Saleh memiliki cagar alam Taman Nasional Pulau Moyo yang dikelilingi oleh terumbu karang yang indah. 

Nama Pulau Moyo semakin dikenal setelah sejumlah selebriti kelas dunia melakukan perjalanan wisatanya ke sana. Sebut saja mendiang Putri Diana, Mick Jagger, Edwin van der Sar, serta baru-baru ini Rain dan Kim Tae Hee pernah berkunjung ke Pulau Moyo. 

Pulau Moyo inni terbilang pulau kecilm karena pulau ini memiliki luas 350 km2, ketinggian maksimum 671 meter, dan garis pantai 88 km. Tapi jangan salah, meskipun pulau ini terbilang sangat kecil tapi pulau ini menyimpan sejuta keindahan. Hamparan pasir yang berwarna kecokelatan, dan di tambah dengan birunya air laut yang bisa memanjakan mata Anda.

Obyek wisata yang satu ini juga dikenal sebagai destinasi yang sangat romantis, tak jarang jika beberapa yang datang memang secara khusus untuk liburan honeymoon. Tempat ini juga bisa dijadikan sebagai pilihan Anda dan pasangan untuk berlibur atau pedekate.

Selain itu, Pulau Moyo juga dikatakan sebagai destinasi komplit. Karena Pulau Moyo menawarkan destinasi wisata lengkap mulai dari hutan tropis, lautan yang indah, air terjun yang memukau, dan masih banyak lagi. Untuk urusan air terjun misalnya, siapa sih yang tidak mengenal air terjun Mata Jitu? 

Sebuah air terjun ternama di Pulau Moyo yang meskipun sangat susah dicapai, namun akan membuat Anda tak henti-hentinya terpukau saat melihatnya langsung. Ya, air terjun Mata Jitu adalah salah satu dari sekian banyak hasil karya Sang Pencipta. 

Di air terjun Mata Jitu, Anda bisa menjumpai sebuah air terjun dengan warna biru kehijau-hijauan dibalut dengan keindahan pemandangan sekitar, ia memiliki air yang cukup jernih ditambah lagi dengan 7 buah kolam, hanya saja kolam ini dikeramatkan dan tak ada yang boleh menjadikannya sebagai tempat untuk mandi.

Photo by Blek on Flickr

Perjalanan Menuju Pulau Moyo
Untuk bisa datang ke pulau satu ini, Anda bisa melewati jalur darat atau udara. Jika Anda ingin menempuh jalur darat, Anda perlu menelusuri kota Mataram dengan berjalan menuju ke arah timur, yaitu ke pelabuhan Kayangan yang terletak di Lombok Timur. 

Setelah itu, Anda harus menaiki kapal laut untuk menyebrang menuju pelabuhan Poto Tano yang berada di Sumbawa Barat. Kemudian, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan jalur darat untuk tiba di Sumbawa Besar.

Perjalanan belum berakhir, karena sesampainya di Sumbawa Besar Anda harus menyebrang kembali dengan menggunakan kapal laut untuk sampai di  Pulau Moyo. 

Lain halnya dengan jalur udara, Anda harus memilih penerbangan menuju Bandara Sultan Kaharuddin yang terletak di Sumbawa dan melanjutkan perjalanan dengan menaiki kapal laut untuk mengantar Anda ke Pelabuhan Labuhan Aji, pelabuhan terakhir yang berlokasi di Pulau Moyo.

Meski perjalanan untuk sampai ke Pulau Moyo cukup memakan waktu tempuh selama berjam-jam, namun perasaan lelah selama berada di sepanjang perjalanan akan terbayar dengan cantiknya ribuan ikan kecil yang akan menyambut Anda setibanya di Pulau Moyo. Bahkan, Anda juga berkesempatan untuk bertemu dengan lumba-lumba yang berenang di sekitaran kapal yang Anda tumpangi. *** (SS)

SHARE