Selain Sinar Matahari, Penyebab Pria Cepat Tua - Male Indonesia
Selain Sinar Matahari, Penyebab Pria Cepat Tua
MALE ID | Looks

Secara umum diketahui, sinar matahari merupakan sumber utama sinar UV yang dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit, menimbulkan bintik hitam, pigmentasi, warna kulit tidak merata dan kusam.

penuaan - Male Indonesiapexels.com

Akan tetapi sebuah penelitian dalam jurnal American Academy of Dermatology menyebutkan bahwa, selain sinar matahari, perangkat elektronik seperti TV, komputer, gadget juga memancarkan radiasi sinar UV.

Meskipun radiasi dalam jejeran perangkat elektronik tersebut tergolong rendah, intensitas sinar UV dari perangkat tersebut secara kumulatif juga dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Jika disimpulkan, kulit yang terpapar sinar UV terus menerus baik dari dalam maupun luar ruangan akan terganggu.

Dr. Abraham Arimuko, Sp.KK, FINSDV, FAADV, PERDOSKI menuturkan, secara kasat mata kulit sehat dapat dilihat dari dua hal, yakni warna dan tekstur. Ia menjelaskan dari segi warna, kulit yang sehat berarti kulit yang memiliki warna merata. 

Sedangkan dari segi tekstur, apabila diraba kulit yang sehat tidak terasa kasar. "Kulit sehat tidak harus putih karena setiap orang punya warna kulit tersendiri, yang penting tidak kusam, bebas dari jerawat, komedo," ucapnya.

Dr. Abraham Arimuko juga memaparkan,  terdapat beberapa faktor yang menyebabkan kulit tidak sehat, seperti penambahan usia, terpapar radisasi sinar ultraviolet, psikologis ataupun emosi negatif hingga stress, dan penggunaan produk kosmetik yang tidak cocok. "Yang paling jahat sebenarnya karena terpapar sinar ultraviolet dibandingkan dengan yang lainnya," katanya.

Jadi, intinya kulit sehat itu ialah kulit lembab terhidrasi yang mana terasa lembab bukannya kering. Lebih lanjut dr. Abraham bilang bahwa untuk memiliki kulit sehat bisa didapat dengan perawatan kulit secara terus menerus melalui berbagai macam penggunaan produk perawatan kulit yang cocok.

Lalu perawatannya bagaimana, kata dia, pencegahan yang paling signifikan yaitu pemakaian UV filter yang idealnya harus aman, nyaman, efektif dan bagus. "Untuk perawatannya, bisa dilakukan dengan pola hidup sehat, rawat kulit sesuai jenis kulit dan kebutuhannya, penggunaan produk yang aman dan cocok untuk kulit, dan ke dokter bila perlu,” jelasnya. *** (SS)

SHARE