Tips Kosongkan Pikiran Agar Mudah Tertidur - Male Indonesia
Tips Kosongkan Pikiran Agar Mudah Tertidur
MALE ID | Relax

Mempunyai banyak aktifitas maupun tanggung jawab yang terbebani pada diri Anda, terkadang membuat diri Anda menjadi overthink. Apalagi hal ini terjadi pada malam hari, dan Anda hendak tidur. Tentu Overthink dapat membuat Anda sulit tidur, padahal keesokan hari Anda harus bergegas ke kantor pada pagi hari. Ada beberapa tips untuk mengatasi overthink di malam hari, yang bisa Anda terapkan.

Male IndonesiaPhoto by Kuo-Chiao Lin on Unsplash

Tulis Keresahan Anda di Atas Kertas
Menulis salah satu metode yang efektif untuk mengurangi energi negatif pada diri Anda. Anda dapat memulai dengan menulis dan menuang semua keresahan Anda pada kertas itu. Tidak usah terlalu rapih dan baku untuk menulis keresahan Anda, cukup dengan menulis energi negatif akan berkurang dengan sendirinya. Beberapa ahli juga menyebutkan beberapa manfaat dari menulis. Menurut Karen Baikie, seorang clinical psychologist dari University of New South Wales, menuliskan peristiwa-peristiwa traumatik, penuh tekanan serta peristiwa yang penuh emosi bisa memperbaiki kesehatanfisik dan mental.

Mempersiapkan Hal – Hal yang dibutuhkan besok pagi
Anda dapat memulai pekerjaan yang ringan untuk mempersiapkan kegiatan di besok hari, ini dapat mengurangi hal – hal yang akan mengganggu di pikiran Anda. Contoh : Mempersiapkan perlengkapan kerja, mengecek kendaraan.

Siapkan keranjang Kosong
Keranjang kosong hanya alat bantu untuk membantu memvisualkan pikiran Anda.Ketika Anda mulai dihujani banyak pikiran, Anda dapat membayangkan keranjang kosong di samping Anda untuk membuang setiap pikiran yang mengganggu.Setidaknya ini membantu Anda, untuk memfilter pikiran yang tidak penting.

Berjanji untuk memikirkan di lain waktu
Pikiran Anda bersifat persisten. Pikiran akan terus bekerja seputar ide, kekhawatiran, masalah dan solusi selama Anda mengijinkan hal tersebut untuk terus berlanjut. Jika Anda melihat ide atau pemikiran berulang, cobalah membuat kesepakatan dengan pikiran Anda, dengan mengatakan “Saya berjanji akan memberikan waktu besok untuk kembali memikirkan tentang hal ini, tetapi sekarang saya harus tidur.” Tentu saja, nanti Anda perlu untuk memenuhi janji Anda tersebut.

Dengan mengikuti saran di atas semoga Anda dapat menenangkan Anda yang sedang dibombardir pikiran - pikiran yang mungkin seharusnya tidak harus dipikirkan sekaligus, dengan dimulai sedikit tenang Anda dapat menyelesaikan masalah Anda satu per satu, tanpa harus mengganggu waktu tidur Anda.

SHARE