Ingin Berlibur di Kapal Pesiar, Ini Persiapannya - Male Indonesia
Ingin Berlibur di Kapal Pesiar, Ini Persiapannya
MALE ID | Relax

Wisata kapal pesiar mungkin belum cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. karena kebanyakan pelancong memilih moda transportasi pesawat terbang untuk bepergian ke luar negeri.

Photo by Peter Hansen on Unsplash 

Banyak anggapan liburan dengan kapal pesiar, termasuk wisata mewah dan hanya bisa dijangkau oleh golongan tertentu. Padahal seiring perkembangan zaman dan teknologi, wisata kapal pesiar menjadi semakin ‘ramah’ bagi kalangan menengah dan berbagai usia.

Untuk itu, kini Anda perlu merasakan sensasi liburan menggunakan kapal pesiar. Dan bagi Anda yang ingin mencobanya, Anda perlu memerhatikan beberapa hal berikut ini.

Biasakan Memesan Jauh-Jauh Hari
Tips naik kapal pesiar bagi pemula yang paling utama harus diperhatikan adalah persoalan waktu pemesanan. Sebaiknya pesan wisata pesiar setidaknya 3-6 bulan sebelum keberangkatan. 

Semakin jauh waktu pemesanan, maka Anda bisa mendapatkan penawaran harga yang terbaik pula. Selain itu, pemesanan yang dilakukan jauh hari juga memberikan cukup kesempatan untuk mempersiapkan segala kebutuhan selama perjalanan dengan baik.

Ketahui Bagian Kapal Pesiar
Setelah Anda membeli tiket, pelajari bagian-bagian kapal melalui situs resmi penyedia jasa. Kenali lokasi-lokasi principle berdekatan dengan kamar atau tempat duduk Anda dan pastikan berdekatan dengan pintu darurat. Anda harus mencari letak penyimpanan pelampung dan sekoci agar siaga apabila terjadi sesuatu.

Siapkan Dokumen Pribadi
Sama halnya dengan perjalanan ke luar negeri, saat berwisata dengan kapal pesiar Anda juga harus mempersiapkan segala dokumen pribadi yang dibutuhkan. Mulai dari paspor hingga visa jika memang Anda melewati atau berhenti di negara-negara yang mewajibkan visa. Pastikan Anda menyimpan semua dokumen pribadi di tempat yang aman dan mudah dijangkau supaya tidak perlu membongkar muatan saat diminta menunjukkan identitas.

Persiapkan Pakaian Secukupnya
Jangan terlalu banyak membawa pakaian, siapkan saja secukupnya. Anda bisa memakai fasilitas laundry yang disediakan hotel atau kapal pesiar. Ingat juga bahwa Anda nantinya akan membeli souvenir untuk oleh-oleh kerabat dirumah. Jika terlalu penuh pastinya Anda akan memerlukan extra luggage yang bisa jadi akan menambah biaya perjalanan Anda.

Jangan Minum Alkohol Sebelum Naik Kapal Pesiar
Mungkin Anda tidak mau kelihatan bodoh, ketika terjatuh di atas kapal pesiar atau tempat duduk Anda ketika dalam perjalanan, apalagi saat kapal sedang miring. Terlebih dalam kondisi darurat, alkohol dapat membahayakan diri Anda. *** (SS)

SHARE