Tips Bikin Jeans Baru langsung Nyaman Dipakai | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Tips Bikin Jeans Baru langsung Nyaman Dipakai
Gading Perkasa | Looks

Saat membeli celana jeans baru, seringkali Anda menemukan bahannya masih keras dan tidak nyaman dipakai.

Photo by Alex Blajan on Unsplash

Bahan denim yang masih keras bisa membuat kulit iritasi dan pada akhirnya Anda malas menggunakan celana jeans baru. Walau begitu, sebagian orang menyukainya dan berharap pola usangnya jadi mengikuti bentuk kaki.

Buat Anda yang ingin segera membentuk pola tersebut, ada cara sederhana yang bisa diterapkan untuk membuat celana jeans baru terasa lebih lunak dan nyaman.

Lepas label

Beberapa celana jeans memiliki label yang tersemat pada bagian pinggang. Bagi pemilik kulit sensitif, label itu bisa mengakibatkan iritasi.

Maka, cobalah memotong label dari bagian dalam jeans dengan gunting tajam. Jangan gunting di bagian atas agar bahan jeans tidak ikut tergunting.

Simpan label dan ingatlah pasangan jeans-nya. Sehingga, saat Anda butuh informasi jeans itu nanti, Anda bisa membacanya kembali.

Membalikkan jeans

Membalik jeans sebelum mencuci akan membantu mengawetkan tampilannya ketika memulai perawatan. Ini penting, guna menghindari warna yang memudar pada jeans berwarna gelap atau goresan.

Supaya hasilnya optimal, cucil denim secara terpisah dan tidak dicampur pakaian lain. Kecuali denim Anda memiliki robekan, Anda boleh melewatkan tahapan ini.

Rendaman cuka putih

Cuka putih bisa menjadi pelembut alami bagi bahan denim dan membuatnya lebih nyaman digunakan. Untuk melembutkan celana jeans baru yang masih keras, campurkan delapan gelas air panas dan segelas cuka putih.

Tuangkan semuanya ke dalam ember plastik. Lalu, celupkan jeans pada larutan tersebut.. Rendam beberapa jam atau semalaman.

Rendaman cuka bukan cuma melembutkan denim, melainkan juga mengawetkan warna dan mencegah luntur pada jeans berwarna gelap. Jangan khawatir kalau jeans Anda berbau cuka. Ketika kering, bau cuka akan menghilang sendirinya.

Keringkan dulu

Sebelum melanjutkan tahapan berikutnya, keringkan jeans Anda. Pakai mesin pengering agar membuatnya kering sempurna.

Atur tingkat panas pada mesin cuci di tingkat terendah. Perlu dicatat, penggunaan mesin pengering tidak disarankan untuk perawatan biasa. Jeans lebih baik diangin-anginkan supaya bentuk dan warnanya tidak rusak.

Gulung jeans

Begitu jeans sudah kering dan masih hangat, gulung ketat hingga seperti bola. Sangkutkan pada bagian pinggang.

Gunakan kain untuk mengikat jeans sehingga gulungannya tak terlepas. Biarkan jeans dingin hingga beberapa jam.

Menggulung jeans saat masih hangat akan membantu merenggangkan denim dan benangnya, sehingga menimbulkan efek lembut.

Kertas amplas

Pakai kertas amplas dan perlahan gosokkan pada permukaan denim. Mulailah dari bagian atas dan gerakkan amplas secara horizontal untuk menggosok kain. Pilih permukaan yang sesuai.

Taruh di mesin cuci

Taruh jeans di mesin cuci, masih dalam kondisi terbalik. Cuci tanpa deterjen dengan suhu hangat.

Empat buah bola tenis

Masukkan jeans ke dalam pengering dan empat bola tenis bersih. Bola tenis akan memberi ‘pijatan’ kuat pada jeans selama dikeringkan. Sekaligus melembutkan bahan. Atur mesin pengering pada tingkat panas rendah supaya tidak menyusut. [GP]

SHARE