Penasaran! Lebih Cepat Wifi atau Mobile Data | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Penasaran! Lebih Cepat Wifi atau Mobile Data
Gading Perkasa | Digital Life

Seringkali kita lebih nyaman menggunakan jaringan Wifi ketimbang mobile data. Alasannya, kondisi kestabilan Wifi bisa lebih baik daripada beberapa provider.

Public Domain Pictures

Perangkat smartphone pun terkadang mengharuskan penggunaan jaringan Wifi untuk pengunduhan pembaruan sistem atau file yang berukuran besar. Tapi, apakah jaringan Wifi lebih cepat dari mobile data jika dibuat berselancar di dunia maya?

Ternyata, asumsi bahwa jaringan Wifi selalu lebih kencang kurang tepat. Kebanyakan tempat di dunia, bahkan di negara berkembang, lebih mengandalkan konektivitas mobile data, alih-alih Wifi.

Seperti dikutip The Verge dari Open Signal mengenai kecepatan Wifi dan internet di 80 negara, disebutkan bahwa 33 negara memiliki mobile data lebih cepat dari Wifi. Angka ini termasuk sejumlah negara maju seperti Australia, Qatar, Uni Emirat Arab, dan Prancis.

Menurut studi tersebut, rata-rata terdapat perbedaan kecepatan sebesar 10-13 Mbps antara mobile data dan Wifi.

Perbedaan kecepatan ini disebabkan oleh aspek seperti pengembangan menara BTS yang lebih baik untuk wireless broadband, dan sulitnya pemanfaatan broadband internet kabel serta ASDL.

Di negara yang masih memanfaatkan kabel, seperti AS, Singapura, Hongkong, bahkan Indonesia, tentu Wifi masih lebih cepat.

Meski demikian, asumsi bahwa Wifi makin kencang sudah mulai ditinggalkan. Pasalnya, jika dibandingkan bertahun-tahun lalu dimana koneksi mobile masih 2G dan 3G, kini koneksi 4G yang bakal merambah 5G justru bakal lebih kencang.

Sama seperti jaringan seluler operator, konektivitas Wifi juga kerap mengalami masalah. Hal itu tentunya mengganggu kegiatan berselancar di internet.

Guna mengatasi masalah tersebut, ada empat cara sederhana meningkatkan sinyal Wifi tanpa harus mengunduh aplikasi khusus pada smartphone. Berikut ulasannya:

Meletakkan Wifi router di Ruang Terbuka
Cara pertama yang dilakukan, meletakkan Wifi router di tempat terbuka. Hal ini diyakini dapat membuat sinyal Wifi berjalan baik.

Jika Wifi router diletakkan di lokasi yang berdekatan dengan benda seperti tembok, lemari atau pintu, kemungkinan besar dapat menghambat sinyal. Oleh karena itu, lebih baik letakkan perangkat tersebut di tempat terbuka tanpa penghalang di dekatnya.

Ganti Password Wifi

Penyebab lain sinyal WiFi lemot, bisa jadi karena jaringan Anda telah dibobol seseorang. Namun jangan khawatir, Anda tetap bisa mengatasi hal itu.

Sebaiknya, ganti password Wifi secara berkala dan melengkapinya dengan keamanan yang lebih tinggi.
Periksa Casing Ponsel
Casing ponsel ternyata bisa berperan menghambat sinyal Wifi, sehingga laju jaringan terhambat. Ini disebabkan antena Wifi pada ponsel bisa di depan atau belakang bodi, jadi ada kemungkinan tertutup casing.

Kalau casing ponsel Anda menutupi antena Wifi, sebaiknya buka agar konektivitas bisa berjalan normal kembali.

Hapus Jaringan lain yang tersimpan
Anda sering mengunjungi tempat yang memiliki layanan Wifi gratis, tentu akan ada banyak data tersimpan. Hal itu dapat memengaruhi kinerja sinyal Wifi pada ponsel.

Guna mengatasi masalah tersebut, hapus daftar Wifi lama yang tak lagi dipakai pada smartphone. Tujuannya agar ponsel bekerja dengan lebih baik. [GP]

SHARE