Kena Serangan Jantung Saat Bercinta, Mungkinkah? | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Kena Serangan Jantung Saat Bercinta, Mungkinkah?
Gading Perkasa | Sex & Health

Barangkali Anda pernah melihat adegan di sebuah film dimana seorang pria meninggal dunia karena serangan jantung saat bercinta. Apakah hal itu benar adanya?

seranagh jantung - male indonesia
Photo by Giorgio Encinas on Unsplash

Faktanya, menurut penelitian yang diterbitkan oleh Journal of the American Medical Association, aktivitas seksual memang bisa memicu serangan jantung, namun kemungkinannya sangat rendah.

Hanya kurang dari 1 % serangan jantung dipicu oleh aktivitas seksual. Bandingkan dengan aktivitas yang menggunakan tenaga fisik berat (5 %) atau kemarahan (3 %).

Penelitian ini juga menyebutkan bahwa risiko serangan jantung setelah bercinta akan meningkat pada mereka yang tidak pernah melakukan olahraga teratur.

Jika dihitung lewat METs atau metabolic equivalents, yaitu standar satuan yang digunakan untuk memperkirakan jumlah pengeluaran oksigen oleh tubuh selama aktivitas, bercinta hanya membutuhkan 2 sampai 3 METs.

Angka ini sama dengan angka yang akan didapat jika Anda berjalan pelan, dan meningkat menjadi 3 sampai 4 METs saat Anda mencapai orgasme, sama halnya seperti sedang menaiki tangga. Jadi, sangat kecil kemungkinan Anda terkena serangan jantung saat bercinta.

Penelitian yang dilakukan oleh Karolinka Institut di Stockholm, Swedia, menyebutkan bahwa serangan jantung usai melakukan aktivitas seksual relatif sangat kecil, meskipun kemungkinannya meningkat pada orang yang tidak pernah melakukan olahraga teratur.

Hasil ini ditemukan setelah mewawancarai 650 orang pria yang mendapatkan serangan jantung untuk pertama kali.

Bagaimana solusinya ketika penyakit jantung menyerang? Jangan ragu berkonsultasi dengan dokter apabila Anda mengalami penyakit tersebut.

Biasanya, setelah mendapatkan serangan jantung, Anda akan diminta mengingat kegiatan apa saja yang Anda lakukan di jam-jam sebelum serangan itu terjadi. Dari sini, Anda akan mengetahui risiko fatal akibat serangan jantung.

Lakukan pengobatan secara teratur guna merehabilitasi jantung Anda. Latihan fisik ringan teratur juga dapat mengurangi risiko serangan jantung yang disebabkan oleh aktivitas seksual.

Anda tak boleh merelakan kehidupan bercinta hanya karena masalah jantung. Ada baiknya mengikuti petunjuk dokter jika Anda rentan terkena serangan saat bercinta.

Ingat, kemungkinan serangan jantung saat atau setelah aktivitas seksual relatif sangat kecil. Anda yang masih memiliki semangat tentu tidak sulit olahraga teratur, bukan? Hal ini sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung Anda. [GP]

SHARE