Tiga Varian Pomade Sesuai Kebutuhan Gaya Rambut | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Tiga Varian Pomade Sesuai Kebutuhan Gaya Rambut
Sopan Sopian | Looks

Sempat tenggelam cukup lama, kini pamor pomade terangkat berkat tren gaya rambut pompadour di kalangan pria modern. Namun tidak sedikit yang belum mengetahui betul tentang pomade, dan sering kali salah persepsi karenanya.

Photo by Steven Erixon on Unsplash

Untuk yang baru mau menggunakan pomade, Anda harus tahu dulu varian-varian pomade, seperti oil based, water basedclay, hair mud, dan lain sebagainya. Setiap varian memiliki karakter dan kegunaannya masing-masing.

Oilbased pomade sendiri biasa memiliki 3 varian yaitu light, medium, dan heavy. Nah dari tiga varian ini memiliki fungsi dan karakteristik yang berbeda, sehingga akan berpengaruh pada saat mengaplikasikannya di rambut. Perbedaannya sebagai berikut.

Light Pomade
LIght pomade adalah tipe pomade yang dibuat khusus untuk orang-orang yang menyukai penampilan klasik dengan rambut klimis dan mengkilap. Pomade dengan tipe light biasanya memiliki tekstur yang lembut dan sangat mudah diratakan ditangan. Karakternya yang lembut membuat pomade dengan tipe light sangat mudah untuk diaplikasikan. 

Karakter lain dari pomade dengan tipe light adalah mampu memberikan tingkat shine atau kilap yang tinggi, yang mampu memberikan kesan klasik dan berkelas pada pemakainya. 

Medium Hold
Pomade dengan tipe medium hold sangat cocok untuk digunakan oleh orang-orang yang menginginkan pomade yang simple dan mudah untuk digunakan namun tetap mampu memberikan hold yang lumayan. Pomade dengan tipe medium biasanya memiliki tekstur yang lumayan lembut tapi sudah terasa padat dan solid. 

Proses perataan ditangan juga sudah lumayan agak berat tapi masih mudah untuk diratakan. Untuk proses aplikasi, pomade dengan tipe medium tidak akan memberikan kesulitan kepada pemakainya. Shine yang diberikan oleh pomade dengan tipe medium tidak akan sama dengan shine yang diberikan pomade dengan tipe light. Shine dari pomade ini levelnya adalah sedang, tidak terlalu mengkilap dan tidak terlalu mate.

Heavy Hold
Pomade dengan tipe heavy sangat cocok untuk kalian yang ingin menata rambut dengan gaya pompadour dengan pomp yang tinggi. Hold-nya sangat baik sehingga mampu menata rambut secara sempurna. Dari kebanyakan pomade heavy, khususnya oil based, tekstur yang dimiliki pomade-pomade ini cukup keras. 

Perlu sedikit tenaga untuk mencoleknya, dan perlu usaha ekstra juga ketika ingin meratakannya. Untuk proses pengaplikasiannya agak menyiksa, proses penyisiran pun agak susah karena rambut menjadi kesat ketika disisir. Shine yang diberikan oleh pomade dengan tipe heavy cenderung natural atau mate finish. *** (SS)

SHARE