Sigap Kenali Gejala Diabetes dengan Rumus Ini | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Sigap Kenali Gejala Diabetes dengan Rumus Ini
Sopan Sopian | Sex & Health

Diabetes merupakan salah satu penyakit silent killer karena banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya menderita diabetes. Padahal, diabetes sendiri mempunyai banyak gejala jika Anda memerhatikannya.
Pixabay.com

Secara umum, makanan manis dan kurangnya aktivitas fisik merupakan faktor penyebab penyakit diabetes. “Suka makan yang manis-manis, terus kurang gerak. Jadi, insulinnya terganggu karena dia harus kerja sama makanan yang manis ditambah lagi dengan kurang gerak. Ditambah lagi jika punya faktor genetik, jadi diabetes tuh sangat tinggi sekali dalam kejadian yang kurang gerak tadi,” kata dr. Grace Joselini.

Selain faktor penyebabnya, Anda juga perlu gejala utama dari diabetes itu sendiri. Gejala utamanya adalah poliuria, polidipsia, dan polifagia atau biasa disebut dengan 3P. Ketiga gejala ini bisa muncul masing-masing atau juga bisa bersamaan. 

Poliuria adalah kondisi di mana Anda lebih sering buang air kecil. Anda juga bisa mengeluarkan urin lebih banyak pada satu waktu dibandingkan biasanya Anda buang air kecil. polidipsia adalah rasa haus yang berlebihan sehingga Anda ingin lebih banyak minum. 

Dan Polifagia adalah sebuah kondisi di mana Anda sering merasa lapar berlebihan atau nafsu makan Anda meningkat. Rasa lapar pada polifagia ini tetap berlanjut walaupun Anda sudah makan lebih banyak dari biasanya. 

"Nah, kalau kita sudah ngerasa seperti itu (3P). Coba untuk cek gula darah saja. Kalau sudah diatas 200 itu kita harus hati-hati,” ucap dokter Timnas Sepak Bola Wanita ASIAN GAMES 2018 itu.

Selain itu, menurunnya berat badan drastis juga merupakan dari gelaja penyakit tidak menular ini (diabetes). Apabila ketika turun atau naik 1-2 kilo itu masih terbilang wajar, tapi berhati-hatilah bila perubahannya sampai 5 persen dari berat badan. 

Karena kemampuan metabolisme glukosa terganggu, tubuh akan menggunakan apapun lainnya sebagai 'bahan bakar', misalnya otot dan lemak sehingga orang akan tampak kurus  yang besar kemungkinan juga gejala penyakit diabetes mellitus.

Maka dari itu, kata dr. Grace Joselini Ketika sudah merasakan 3P tersebut, ada baiknya segera merubah pola hidup, memulai untuk menjalani hidup sehat dengan menerapkan pola makan yang sehat dan berolahraga. *** (SS)

SHARE