Perilaku Membangun Kepercayaan & Daya Tarik Pria - Male Indonesia
Perilaku Membangun Kepercayaan & Daya Tarik Pria
MALE ID | Relationships

Perilaku baik dan bisa mengirimkan sinyal yang tepat dapat memainkan peran penting dalam sebuah hubungan romantis. Dalam skenario berhubungan (berpacaran), bahasa tubuh yang tepat dapat membantu Anda mendapatkan perhatian dari pasangan potensial Anda.

Maxpixel.net

Selain itu, ada kategori umum untuk perilaku yang dapat memainkan peran dalam hubungan. Kategori perilaku ini juga dapat membangun daya tarik, yakni perilaku berkomunikasi dan membangun kepercayaan. Secara khusus keduanya harus dapat berjalan beriiringan, hal tersebut untuk menjaga hubungan berjalan lancar. Mengapa seperti itu?

Jeremu Nicholson MSW dalam laman Psychology Today mencatat bahwa membuat kontak mata, tersenyum, tertawa, dan meniru perilaku orang lain memiliki efek umum untuk terhubung dengan orang lain, khususnya dengan pasangan romantis Anda.

Perilaku lain yang menunjukan lebih spesifik dengan daya tarik adalah perilaku yang lebih langsung, seperti mendekati/kedekatan fisik dan berbicara. Mengutip penelitian Montoya, Kershaw, dan Prosser (2018), Nicholson mencatat bahwa efek dari perilaku langsung ini dipengaruhi oleh "ancaman". 

"Dengan kata lain, semakin individu takut akan penolakan, semakin kecil kemungkinan mereka untuk menemukan perilaku langsung ini dalam menarik orang lain," tuturnya.

Maka dari itu, lanjut dia, untuk membangun kepercayaan, gunakan lebih banyak perilaku tidak langsung. Secara khusus, tersenyumlah dan buat kontak mata untuk memberi tahu mereka bahwa Anda tertarik untuk berinteraksi dengan mereka. Buat kontak mata lebih sering dan lebih lama untuk menyampaikan minat yang lebih besar juga. 

Kemudian, untuk membangun daya tarik, gunakan lebih banyak perilaku langsung. Seperti memulai percakapan dan berbicara langsung dengan pasangan Anda untuk membangun atraksi. Lebih dari itu, temukan cara untuk mendekat, dan cobalah untuk berpindah dari kontak fisik yang ramah ke yang lebih romantis juga.

"Tetapi tidak semua orang menanggapi perilaku yang lebih langsung dan (pasangan) belum tentu berani dengan cara yang sama," jelasnya.

Sehingga pria harus dapat melihat situasi, jika pasangan potensial sudah mempercayai Anda, Anda bisa langsung meloncat pada perilaku langsung dan semakin mendekat. Jika mereka merasa cemas dan masih takut terhadap Anda, harus bersabar. Anda harus melakukan perilaku tidak langsung untuk memulainya. *** (SS)

SHARE