Bebe Rexha, Si Seksi Pencipta Lagu Hits Dunia | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Bebe Rexha, Si Seksi Pencipta Lagu Hits Dunia
Sopan Sopian | News

Kendati Meski telah berkarier selama 10 tahun lebih, namun namanya masih terdengar asing bagi sebagian orang. Hal itu terbilang wajar, karena Bebe Rexha labih banyak duduk di belakang layar. Tapi ia adalah wanita yang berpengaruh dari lagu-lagu hits yang dinyanyikan penyanyi dunia. 

Photo by Noam Guetta on Wikipedia

Ya, Bebe Rexha adalah seorang penyanyi, penulis lagu, dan produser rekaman Amerika. Sebelum orang mengetahui dirinya, publik sudah lebih dulu akrab dengan lagu-lagu ciptaannya, semisal lagu yang dibawakan oleh Eminem dan pasangan duetnya, Rihanna, yakni lagu The Monster.

Rexha mengaku amat bangga lagunya dinyanyikan oleh dua penyanyi besar. Dia sendiri bertemu Rihanna ketika masih bekerja di toko parfum Saks di New York. Saat itu dia sangat antusias bertemu dengan penyanyi asal Barbados itu meski tidak punya kesempatan berbicara dengannya.

Dia juga menulis lagu untuk segenap musisi lain, seperti Tinashe, Selena Gomez, Martin Garrix, Nick Jonas, SHINEE, Nikki Williams, Madonna, David Guetta, Bella Thorne, Nicki Minaj, hingga Rapper asal Australia, Iggy Azalea.

Namanya mulai terdengar sekitar tahun 2015. Kemudian namanya mulai genderang pada 2017, ketika ia meliuncurkan album mini "All the Fault" yang terdiri dari dua bagian, yang rilis pada 17 Februari dan 11 Agustus 2017. 

Penyanyi Dunia - Male IndonesiaJustin Higuchi/Flickr.com

Akhir Juli 2017, Bebe Rexha juga sempat berkolaborasi dengan personel One Direction, Louis Tomlinson, dalam lagu "Back to You" yang terus merangkak naik di tangga lagu Billboard. 

Meskipun karyanya bersama musisi lain membentang genre, materinya sendiri berpusat pada tekstur black-pop yang dipengaruhi oleh hip-hop dan R & B, seperti pada debutnya, di 2018 ini dengan Expectations.

Walau ahli dalam bidang musik, nyatanya Bebe Rexha tak memiliki darah seni dari orang tuanya. Ia belajar secara otodidak dengan memainkan trompet dan belajar sendiri memainkan gitar dan piano. Rexha jatuh cinta pada dunia musik sejak kecil. Ia mulai menyanyi di usia 4 tahun dan di usia 8 sudah menulis lagu. 

Kecintaannya pada musik tumbuh ketika bergabung dengan grup paduan suara. Lewat grup ini, Rexha baru mengetahui ia mampu menjangkau nada melengking, yang dikenal dengan istilah whistle voice, seperti Mariah Carey.

Kesempatan besar datang ketika Bebe Rexha memperoleh gelar penulis lagu remaja terbaik dalam dalam rangkaian acara tahunan Grammy pada 2004, mengalahkan 700 peserta lain. Berkat keberhasilan itu, Bebe Rexha dilirik pencari bakat Samantha Cox dari Broadcast Music, Inc., yang membujuknya mengambil kelas menulis lagu di usia 15 tahun. 

Photo by CoughingCookieHeart on Wikipedia

Enam tahun kemudian, Bebe Rexha mengenal kesuksesan dengan lagu "Like a Champion" yang dipopulerkan Selena Gomez. Tahun yang sama, ia bergabung dengan band Black Cards yang diketuai vokalis Fall Out Boy, Pete Wentz. 

Walau sukses sebagai seorang penulis lagu, itu bukanlah cita-cita pembawa acara MTV European Music Awards 2016 ini. Rexha menulis lagu demi mendapatkan kontrak rekaman. Namun "The Monster" yang menjadi hit mengubah cara pandangnya.

"Saya merasa itu (menulis lagu) jadi salah satu cara saya bertahan hidup, menghasilkan uang, dan bisa mewujudkan mimpi saya," ungkap penyanyi berdarah Albania itu.

Kendati telah mendulang kesuksesan, Rexha bercerita terkait pengalamannya yang sempat direndahkan. Rexha masih ingat ketika dirinya berada di sebuah studio bersama penyanyi pria yang sudah punya nama besar kala itu. 

Pria yang menjadi partner kolaborasinya tersebut menemui kesulitan saat menggunakan Pro Tools, sebuah perangkat lunak yang biasa digunakan untuk rekaman dan produksi suara.

Rexha sudah cukup familier dengan program itu sejak remaja. Berhubung saat awal merintis karier musik, dia tidak mampu membayar produser, sound engineer, maupun menyewa studio, maka dia sering mengandalkan program itu untuk merekam karyanya.

“Saya lalu menawarkan bantuan, ‘Hey coba yang ini, tapi ia malah mengusir aku layaknya aku tidak ada artinya’,“ kenang Rexha. Terkejut dengan respons sang partner, Rexha tanpa berpikir dua kali beranjak dari tempat itu.

“Dia memang artis besar pada saat itu tapi aku menolak mentah-mentah berada di dekat pria yang membuat diriku terasa kecil,” beber wanita seksi itu. Nyatanya, Rexha bukanlah musisi kecil yang bisa dipandang sebelah mata. *** (SS)
 

SHARE