Pria Wajib Waspada Akan Penyakit Asam Urat - Male Indonesia
Pria Wajib Waspada Akan Penyakit Asam Urat
Gading Perkasa | Sex & Health

Pada umumnya, kebanyakan dari kita menganggap bahwa penyakit asam urat merupakan salah satu jenis penyakit yang diderita oleh orang berusia lanjut. Padahal, faktanya tidaklah demikian. Asam urat dapat menimpa siapa saja, termasuk pria muda.

asam urat- male Indonesiapexels.com

Gejala penyakit asam urat yang mudah terasa adalah nyeri sendi secara tiba-tiba dalam waktu singkat. Hal ini akan cukup parah di dua hari pertama, dan semakin nyeri saat malam hari. Beberapa penderitanya juga kerap mengalami demam.

Asam urat disebabkan oleh konsumsi makanan dengan kandungan tinggi purin. Ketika purin dicerna, tubuh mulai menghasilkan asam urat sebagai produk limbah. Tapi MALEnials tidak perlu khawatir, sebab ada cara-cara untuk mengatasi asam urat. Antara lain:

Rutin Minum Air Putih
Jangan pernah menunda minum air putih. Setidaknya, konsumsilah delapan gelas air putih per hari guna membuang zat-zat yang tak diperlukan tubuh.

Memilih Makanan Tepat
Bagi penderita asam urat, ada baiknya mengendalikan nafsu makan Anda. Hindari makanan yang mengandung purin tinggi. Purin ditemukan dalam makanan seperti daging tertentu, hati, ginjal, otak, ikan sarden, bayam, asparagus, kembang kol, kacang-kacangan dan minuman beralokohol.

Kurangi Alkohol
Sebagaimana disinggung di paragraf sebelumnya, minuman beralkohol wajib Anda kurangi, apalagi buat penderita asam urat. Alkohol mengandung purin tinggi, dan bikin asam urat semakin parah.

Konsumsi Jahe
Konsumsi jahe secara rutin juga bisa membantu menurunkan asam urat. Khasiat utama dari jahe adalah zat anti peradangan, yang mencegah pembentukan zat pemicu asam urat.

Konsumsi Lemon
Minum lemon bukan cuma bikin berat badan turun, melainkan juga akan membantu mengobati asam urat dengan kandungan vitamin C dan kaliumnya. Demikian dilansir dari Hello Sehat.

Cuka Apel
Cuka apel disinyalir dapat mengurangi asam urat yang tinggi. Memang, cuka apel diketahui mampu menurunkan peradangan serta mencegah penumpukan asam urat pada sendi.

Olahraga Teratur
Berolahraga secara teratur juga membantu untuk mencegah sekaligus mengobati penyakit asam urat. Olahraga setidaknya 30 menit bisa melemaskan sendi dan otot tubuh yang sering terjadi ketika asam urat menyerang. [GP]

SHARE