Mengenal VOOC, Teknologi Flash Charge Smartphone | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Mengenal VOOC, Teknologi Flash Charge Smartphone
Sopan Sopian | Digital Life

Beberapa pengguna beranggapan bahwa, charge smartphone atau mengisi daya baterai ponsel dengan sebentar-sebentar dapat menyebabkan kerusakan baterai, maka tidak sedikit pengguna lebih memilih untuk mengisi daya semalaman ketika baterai benar-benar low-bat. Sayangnya, hal itu adalah cara lama.

Maxpixel.net

Kini teknologi smartphone terus berinovasi, salah satunya dalam sisi teknologi flash charge. Teknologi flash charge sendiri sebenarnya diciptakan untuk menyingkat waktu dalam pengisian baterai smartphone terutama pada smartphone dengan sistem operasi Android. 

Seperti diketahui, smartphone Android dikenal memiliki kerakusan dalam mengonsumsi Baterai yang digunakan sehingga membuat smartphone dengan sistem operasi android memiliki kecenderungan melakukan pengisian baterai lebih banyak dan membuat pengguna smartphone harus bolak-balik melakukan pengisian baterai.

Teknologi flash charge ini sangat membantu pengguna smartphone Android yang memiliki kapasitas baterai yang sangat besar untuk menyingkat waktu dalam pengisian baterai. satu dari sekian teknologi itu adalah VOOC (Voltage Open Loop Multi-step Constant-Current Charging), apa itu?

Oppo Smartphone Find 7 yang dirilis pada 2014 lalu, adalah merek smartphone yang bisa dibilang menjadi pelopor penggunaan teknologi VOOC. Semanjak itu menjadi topik yang banyak diperbincangkan.

Karena, dengan VOOC Flash Charge, smartphone bisa terisi 90 persen dalam waktu 60 menit pengisian. Dalam pengisian 5 menit, baterai yang berkapasitas 3.500mAh terisi 10 persen (dari 0). Sehingga untuk bisa sampai pengisian baterai 100 persen dibutuhkan waktu total 85 menit (dari 0).

Saat mengisi daya, sistem VOOC akan secara otomatis mengenali apakah smartphone dan komponen charger mendukung VOOC Flash Charge atau tidak. Jika iya, maka logo VOOC akan muncul di layar smartphone yang mati saat di-charge. Jika komponen charger dan kabel tidak mendukung, maka tidak akan muncul logo VOOC.

Pengisian daya cepat ini juga diklaim sangat aman karena tidak menyebabkan panas berlebih pada perangkat meskipun tetap digunakan saat proses charge, karena VOOC Flash Charge memanfaatkan tegangan rendah untuk pengisiannya.

Uniknya lagi, karena suhu rendahnya terjaga dengan baik, pengguna bisa melakukan banyak hal sembari menunggu proses charging selesai. Contohnya chatting, menonton video, atau bahkan bermain game. Game berat seperti PUBG Mobile akan tetap berjalan dengan mulus, bebas dari throttling yang biasanya disebabkan oleh suhu panas. *** (SS)

 

SHARE