Streaming Musik di Spotify Tanpa Menguras Kuota - Male Indonesia
Streaming Musik di Spotify Tanpa Menguras Kuota
Gading Perkasa | Digital Life

Mendengarkan musik dari layanan streaming seperti Spotify sudah menjadi pilihan utama di kalangan pria urban. Walaupun banyak orang beranggapan streaming musik cenderung menguras kuota, tetap saja aplikasi Spotify laris manis diunduh pengguna bak kacang goreng.

downloadsourcefr/flickr

Akan tetapi, bukan berarti Anda boleh mengabaikan masalah konsumsi kuota begitu saja. Ketika kuota ludes akibat terlalu lama streaming musik di Spotify, banyak aktivitas terganggu, entah urusan pekerjaan atau pasangan yang kesal karena Anda tidak dapat membalas pesan singkatnya. Rugi besar kan?

Maka dari itu, Anda harus memperhitungkan kuota saat streaming musik via Spotify. Sejumlah tips berikut bisa Anda terapkan. Antara lain:

Mematikan Fitur Autoplay
Fitur autoplay dibuat agar musik yang terdengar di telinga pengguna tak berhenti karena album yang diputar usai. Saat dalam kondisi aktif, Spotify akan terus memutar lagu yang dianggap berkaitan.

Beberapa orang suka mendengarkan musik menjelang tidur. Jika fitur ini aktif dan Anda tidur sampai pagi, selama itu pula kuota Anda terbuang sia-sia.

Guna mematikan fitur autoplay, masuk ke panel pengaturan, temukan pilihan autoplay dan matikan tombolnya.

Mengaktifkan Fitur Offline Mode
Kedua, Spotify juga menyediakan fitur offline yang memungkinkan Anda menikmati alunan musik tanpa internet. Syaratnya, Anda harus mengunduh lagunya terlebih dahulu.

Aktifkan Fitur Data Saver
Aktifkan fitur data saver yang memang disediakan oleh Spotify. Fitur ini terdapat di menu Your Library - Settings, kemudian posisikan opsi Data Saver dalam kondisi menyala.

Perlu dicatat, bahwa ketika fitur ini diaktifkan, kualitas suara yang Anda dengarkan saat streaming otomatis akan berubah ke level terendah (low).

Mengatur Kualitas Audio
Spotify menawarkan dua pengaturan kualitas audio, yakni untuk streaming dan download. Pengguna dapat mengatur seberapa bagus kualitas suara masing-masing media tersebut, dari low hingga high.

Di panel pengaturan, temukan opsi Streaming dan Download kemudian pilih kualitas audio yang paling rendah guna menekan konsumsi data seoptimal mungkin.

Tips terakhir sebagai pertimbangan adalah memanfaatkan jaringan internet publik yang tersedia di tempat Anda. Saat terhubung, unduh lagu-lagu favorit sehingga nantinya bisa dinikmati secara offline. [GP]

SHARE