Misteri Penutup Mata Ikonik Milik Bajak Laut | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Misteri Penutup Mata Ikonik Milik Bajak Laut
Sopan Sopian | Story

Selain kaki sebelah dengan kayu, tangan seperti kail pancing, bajak laut juga khas dengan penutup mata sebelahnya. Pertanyaannya adalah, mengapa bajak laut mengenakan penutup mata itu?

publicdomainpictures.net

Secara umum, alasan yang sampai saat ini masuk akal adalah bajak laut mengenakan penutup mata karena mereka kehilangan satu mata dalam pertempuran. Namun, beberapa ada yang percaya bahwa ini tidak cukup untuk menjelaskan keumuman itu di mana penutup mata di antara bajak laut menjadi pembeda dengan non-bajak laut. 

Ancient-origins mengungkapkan bahwa ada hipotesis baru terkait bajak laut mengenakan penutup mata. Hipotesis itu  untuk melindungi visi gelap mereka ketika harus bertarung di bawah dek kapal.

Secara ilmiah, mata perlu lebih lama untuk menyesuaikan diri dengan penerangan yang tiba-tiba menjadi gelap, daripada sebaliknya. Bajak laut, ketika berada di atas kapal, ia akan instens untuk naik dan turun ke bawah dek kapal. 

Ketika berada di bawah dek kapal, pertempuran pasti akan menjadi lebih sulit karena membutuhkan waktu beberapa saat bagi mata mereka untuk menyesuaikan diri dari terang ke gelap. Sehingga, salah satu kemungkinannya adalah bahwa bajak laut, saat berada di atas dek, akan mengenakan penutup mata sebelah untuk menjaga mata sebalahnya beradaptasi dengan gelap dan menggunakan mata itu untuk bertarung di bawah dek.

Artinya, ketika mereka ke bawah dek, mereka akan menggunakan mata mereka yang sudah diadaptasi dengan gelap. Ini akan memberi para bajak laut suatu keuntungan, di mana mata itu dengan cepat beradaptasi dengan gelap.

Kendati hipotesis itu masuk akal, namun tidak ada catatan sejarah yang menyebutkan penutup mata yang digunakan dengan cara ini oleh bajak laut. Juga tidak ada bukti arkeologis untuk gagasan ilmiah tersebut, dan sulit untuk melihat bagaimana hipotesis ini dapat dikonfirmasikan melalui arkeologi sejak awal. 

Pertanyaan lain adalah mengapa marinir saat ini ada yang memakai penutup mata untuk melindungi mata mereka untuk beradaptasi dengan kegelapan. Tampaknya jika bajak laut dapat memunculkan ide tersebut, para marinir dan perwira angkatan laut yang berpengalaman dapat juga memikirkannya untuk mengenakan penutup mata. 

Jadi, Anda lebih percaya dengan cerita lama bahwa penutup mata adalah menutupi mata yang rusak karena pertempuran, atau memang untuk beradaptasi dengan kegelapan saat bertarung di bawah dek? *** (SS)

SHARE