Kiat Simpel untuk Pria Jalani Gaya Hidup Sehat - Male Indonesia
Kiat Simpel untuk Pria Jalani Gaya Hidup Sehat
MALE ID | Sex & Health

Menerapkan gaya hidup sehat itu tidak semudah yang dibayangkan. Karena secara praktiknya, menerapkan gaya hidup sehat sebenarnya tidaklah begitu sulit, yang sulit adalah memulainya. Lalu apa yang mesti dilakukan untuk membiasakan atau setidaknya bergerak aktif untuk memulai gaya hidup sehat?

Photo by Kevin Grieve on Unsplash

dr. Grace Joselini, dokter Timnas Sepakbola Wanita di Asian Games 2018 ini menuturkan bahwa, untuk bergerak aktif dalam memulai gaya hidup sehat prinsipnya hanya memulai dari yang pelan.  "Menjauhkan dari titik A ke B. Misal kalau kantor Anda di lantai 10, setop naik lift di lantai 8, naik tangga untuk 2 lantai lagi. Dari hal kecil ini, biasakan bergerak," katanya.

Lebih lanjut, tutur dr, Grace, malas bergerak yang salah satunya ditandai terlalu banyak duduk berisiko buruk untuk tubuh Anda. Duduk selama tiga jam saja bisa mengakibatkan penyempitan pembuluh darah 50 persen, senstivitas insulin turun 50 persen yang menyebabkan risiko terkena diabetes melitus. 

"Setelah dua minggu, sehari lebih dari 6 jam duduk bisa meningkatkan kadar lemak jahat, memunculkan plak-plak di pembuluh darah. Aliran darah kencang lalu plak lepas menyebabkan serangan jantung," jelas dokter berparas cantik itu. 

Bila kebiasaan duduk lama bertahan hingga setahun, tambah dia, bersiaplah menghadapi densitas massa tulang berkurang yang berujung pada osteoporosis. "10-20 tahun lagi, 60 persen terkena penyakit jantung, 40 persen kanker," ujar dr. Grace. 

Untuk itu, ia menekankan, jika sudah mampu menanggalkan kebiasaan bergerak, cobalah melakukan olahraga. Mulailah dari yang mudah dan ringan semisal jalan cepat atau lari. Grace mengingatkan pentingnya olahraga rutin atau konsisten, ketimbang sekali-kali namun dilakukan dalam waktu lama. 

"Ada yang hanya berolahraga hanya di akhir pekan saja, namun lama. Lebih baik sedikit tetapi konsisten. Akan lebih bermakna lebih rutin teratur daripada hanya sekali. Stamina bisa turun sehingga rentan terkena infeksi," ujar Grace.

Dalam kesempatan yang sama, pengamat gaya hidup Dwi Sutarjantono menambahkan bahwa, cara awal menanggalkan kebiasaan malas bergerak bahkan bisa dengan mulai mengatur napas. "Atur napas dulu, membuat rileks. Lalu berdiri kalau niatnya mau mengubah yang tadinya malas bergerak, ke bergerak. Ubah posisi duduk atau berdirilah. Untuk mendapatkan energi baru ubahlah posisi," kata Dwi menambahkan. *** (SS)

SHARE