Samsung Menghadirkan Motor Listrik Canggih | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Samsung Menghadirkan Motor Listrik Canggih
Gading Perkasa | Sport & Hobby

Pada EICMA 2018 Milan Motorcycle Show, Energica hadir dengan motor listrik yang memiliki tampilan mengesankan. Selain superbike 241 km per jam mereka, Ego Sport Black, Energica juga memulai debut konsep motor baru, Bolid-E.

energicamotor.com

Motor listrik konsep Bolid-E merupakan proyek kolaborasi antara Energica dan Samsung. Proyek ini dikenal sebagai Smart Ride, dengan teknologi canggih terbarukan.

Teknologi canggih yang dimaksud yaitu penggunaan kamera high definition sebagai pengganti cermin standar. Kamera ini diintegrasikan ke bagian depan dan belakang motor listrik Bolid-E dan diteruskan ke dua perangkat Samsung Galaxy yang dipasang sebagai Smart Mirror.

Selain tampilan belakang yang hidup seperti cermin standar, tampilan ganda juga berfungsi seperti perangkat HUD atau Head Up Display. Dengan kamera yang menghadap ke muka, pengguna nantinya dapat menganalisis serta menyorot hambatan dan ancaman di jalan depan.

Cermin tersebut juga bisa digunakan sebagai dashboard cam atau action cam yang memungkinkan pengguna merekam momen-momen menarik ketika berkendara.

Teknologi baru lainnya yang dikembangkan bersama Samsung adalah perpaduan konektivitas bluetooth dan NFC antara motor listrik Energica Bolid-E dan jam tangan baru Samsung Galaxy.

Bolid-E telah dirancang menggunakan jam Galaxy sebagai perangkat pembuka kunci pintar. Jam itu pun dapat dipakai untuk mencari Bolid-E di tempat parkir, memandu pengendara kembali menemukan sepeda motornya.

Dalam keterangan resminya, Francesco Cordani, Kepala Marcom di Samsung Electronics Italia mengatakan bahwa inovasi di timnya dapat memainkan peran kunci karena memungkinkan proyek revolusioner dengan dampak langsung pada kehidupan manusia sehari-hari.

“Inilah alasan mengapa kami berkomitmen untuk terus mengeksplorasi sektor baru, dimana ide dapat diubah menjadi proyek nyata, berkat teknologi,” kata Cordani.

Kedua perusahaan, baik Energica maupun Samsung berharap agar Bolid-E dapat merepresentasikan seperti apa sepeda motor listrik di masa depan, dan bagaimana ia berbaur dengan teknologi mobile.

“Kami bangga berada di sisi pemimpin global seperti Samsung dalam proyek Smart Ride. Ide perusahaan kami berakar kuat di lembah motor Italia yang terkenal, mesin dan inovasi selalu ada dalam DNA kami,” ujar Livia Cevolini, CEO Energica.

“Selama beberapa tahun terakhir, kami telah menafsirkan kebutuhan pasar dengan mengantisipasi produk dan solusi yang unik di dunia. Mudah-mudahan visi Energica dan Samsung yang terhubung dalam proyek Smart Ride bisa menjadi inspirasi bagi mobilitas listrik di Italia dan dunia,” ujarnya lagi. [GP]

SHARE