Aktor Ini Sempat Jual Saudaranya Karena Kemiskinan - Male Indonesia
Aktor Ini Sempat Jual Saudaranya Karena Kemiskinan
MALE ID | News

Jordan Chan telah menjadi bintang film yang sukses pada zamannya, hingga ia bisa disebut sebagai aktor legendaris. Atas kesuksesannya kini, aktor asal Hong Kong ini tidak dapat membayangkan masa depannya menjadi cerah.

Photo by Wpcpey on Wikipedia

Aktor 'Young and Dangerous' belum lama ini berbagi pengalaman hidupnya dalam program TV Where Are We Going, Dad?. Dalam episode talkshow Very Quiet Distance, Jordan mengungkapkan tentang latar belakang keluarganya yang miskin. Ayahnya bekerja sebagai pekerja konstruksi, sementara ibunya adalah tukang bersih-bersih. 

Ayahnya tidak pernah bertindak lembut kepadanya atau saudaranya. Peraturan demi peraturan ditetapkan, misalnya harus tidur jam 7 malam. Sebagai anak sulung, Jordan mengemban tanggung jawab menjaga saudaranya. Ayahnya akan memaksanya tinggal di rumah untuk merawat mereka, mengikatnya dengan rantai besi agar Jordan tidak pergi bermain. 

"Saya masih terlalu muda untuk merasakan atau mengerti apa yang terjadi saat itu. Saya hanya tahu, jika salah, saya akan dihukum," ucapnya seperti mengutip laman asiangroup.

Meskipun menerima perlakukan keras, Jordan tidak menyimpan dendam pada ayahnya, malahan berterima kasih. Kedisiplinan ayahnya telah membentuknya menjadi pria yang mengerti arti tanggung jawab.

Selain itu, dalam laman Tencent Entertainment, dikatan Jordan bahwa keluarnya yang terlalu miskim kala itu sampai tidak memiliki cukup uang untuk membeli makanan. Dalam upaya untuk mengurangi situasi putus asa keluarga mereka, Chan mengajukan ide 'gila', untuk "memberikan" adik laki-lakinya kepada keluarga kaya.

Dia beralasan bahwa dengan cara ini, saudaranya akan memiliki kesempatan untuk menjalani kehidupan yang baik sementara keluarganya juga akan dapat bertahan hidup. Meskipun sarannya terkesan 'gila', nyatanya ide Chan diterima dengan baik oleh orangtuanya, dan akhirnya mendapat keluarga yang mau membayar.

Orangtuanya diberi 3.000 dolar hongkong (Rp 5,8 juta) sebagai ganti untuk anak laki-laki itu. Akan tetapi setelah melihat ke belakang, Chan mengatakan dia masih didera rasa bersalah karena tega 'menjual' saudaranya.

Ketika akhirnya dia sukses, Chan berusaha mencari saudaranya, tetapi pencarian itu tidak berhasil. Orangtuanya juga telah menyuruh untuk menghentikannya, karena mereka takut bahwa saudaranya akan membenci mereka jika menemukan kebenaran.

Selain itu, karena harus bekerja di ladang, memotong rumput, dan merawat sapi, Chan harus berhenti sekolah di usia remajanya. Karena ia harus fokus untuk mencari nafkah. Keluarga tinggal di tempat yang sempit dan kumuh, Chan mengikuti ayahnya keluar setiap hari, bekerja di tempat-tempat konstruksi.

'CV' Chan berwarna-warni saat itu. Dia bahkan pernah menjadi juru masak di restoran dim sum, disajikan di pinggir jalan (kios-kios jajanan), dan bahkan magang di salon rambut. Dia akhirnya terdaftar sebagai penari di Hong Kong penyiar TVB, keputusan yang mengukuhkan jalannya menjadi bintang.

Chan menikah dengan aktris Hong Kong, Cherrie Ying, dan pasangan ini memiliki seorang putra, Jasper. Anak itu menjadi bintang dalam dirinya sendiri setelah tampil bersama ayahnya di acara reality show China,  Where Are We Going, Dad? itu. Chan berharap Jasper akan menyadari betapa beruntungnya dia dan bersyukur atas semua yang dia miliki saat ini. 

Photo by Wpcpey on Wikipedia

Karier Jordan Chan
Saat berkarier dalam dunia entertainment, Chan sempat bermain dengan beberapa aktor seperti  Alan Tam, Leslie Cheung dan Anita Mui, sebelum diajak oleh seorang produser untuk membuat rekaman lagu dirinya. Kemudian, pada 1994, Jordan Chan memulai debut filmnya "Twenty Something". Dia menerima beberapa nominasi Penghargaan Film Hongkong, dalam film "He's Woman, She's Man" (1994), "Heaven Can't Wait" (1995) dan "Big Bullet" (1996). 

Di dalam film Young and Dangerous, Jordan Chan berperan sebagai seorang yang menganut aliran triad. Film tersebut sangat sukses, dan dikembangkan menjadi 9 sekuel, yaitu Young and Dangerous 1 hingga Young and Dangerous 5 yang diakhiri dengan film Born To Be King yang diproduksi tahun 2000. Dalam film "Initial D", Jordan Chan berperan sebagai Kyouichi Sudo. Dalam bidang musik, Chan dikenal sebagai penyanyi hip hop dan Cantopop.

Dengan rilisan baru-baru ini dimulai sekitar tahun 2002, ia telah mengetuk dan menambahkan beat hip hop untuk musiknya. Gaya hip hop-nya telah memberinya penggemar baru, meskipun beberapa penggemar Hong Kong menuduhnya bertindak "hitam". Dia terus memasukkan R & B dan musik hip hop ke dalam musiknya. *** (SS)

SHARE